Persyaratan Khusus Pendaftaran Akpol 2023

Artikel ini memberikan informasi tentang persyaratan khusus untuk mendaftar di Akpol atau Akademi Kepolisian pada tahun 2023. Mulai dari persyaratan pendidikan, kesehatan, hingga etika, kamu dapat mengetahui semua persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang calon perwira kepolisian.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang perwira kepolisian, mendaftar di Akpol atau Akademi Kepolisian adalah salah satu langkah yang harus dilakukan. Namun, untuk bisa diterima di Akpol pada tahun 2023, kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan ini meliputi pendidikan, kesehatan, etika, dan beberapa hal lain yang harus dipenuhi. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui semua persyaratan khusus untuk mendaftar di Akpol pada tahun 2023 sehingga kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang ada.

Berikut Persyaratan Khusus AKPOL 2023

  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI

Persyaratan pertama untuk mendaftar di Akpol adalah kamu belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu akan belajar dan berkembang di Akpol dengan pola pikir yang baru dan segar.

  1. Tidak berkedudukan sebagai PNS

Selain itu, kamu juga tidak boleh berkedudukan sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu fokus dalam pendidikan di Akpol dan tidak terbagi perhatiannya dengan urusan PNS.

  1. Minimal lulusan SMA/MA pada jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B,dan C)

Syarat ketiga adalah kamu harus lulusan SMA/MA pada jurusan IPA atau IPS. Namun, kamu tidak bisa mendaftar jika kamu lulusan Paket A, B, atau C. Selain itu, kamu harus memenuhi persyaratan nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Minimal nilai rata-rata 70,00 (lulusan tahun 2019 dan sebelumnya)
  • Nilai akumulasi minimal 70 nilai rata-rata ijazah atau nilai ijazah rata-rata B (bagi yang menggunakan alphabet) (Lulusan 2020 & 2021)
  • Lulusan tahun 2022 minimal nilai rata-rata ijazah 75,00 atau B
  • Lulusan tahun 2023 akan ditentukan kemudian.

Khusus untuk lulusan dari Papua dan Papua Barat, nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN) minimal adalah 60,00 (lulusan tahun 2019 dan sebelumnya). Sedangkan lulusan tahun 2020 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata ijazah dengan nilai akumulasi minimal 60,00 atau nilai ijazah rata-rata C (bagi yang menggunakan alphabet). Lulusan tahun 2022 minimal nilai rata-rata ijazah 70,00 atau B, dan lulusan 2023 akan ditentukan kemudian.

Bagi kamu yang lulusan tahun 2023 atau masih kelas XII, kamu harus melampirkan nilai rapor kelas XII semester I dengan nilai rata-rata 80,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet), khusus untuk lulusan dari Papua dan Papua Barat nilai rata-rata rapor minimal 75,00 atau nilai rata-rata minimal B (bagi yang menggunakan alphabet). Bagi pelamar yang berusia 16 tahun sampai dengan 17 tahun (lulusan tahun 2023) nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet). Bagi lulusan tahun 2022 atau sebelumnya, nilai rata-rata ijazah minimal 85,00. Selain itu, lulusan tahun 2023 atau sebelumnya wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) serta melampirkan skor TOEFL minimal 500.

  1. Bagi lulusan tahun 2016 s.d 2019 yang mengikuti UN perbaikan dan calon peserta mengulang di kelas XII baik disekolah sama atau berbeda tidak dapat mengikuti seleksi Taruna Akpol 2023

Syarat keempat adalah bagi kamu yang lulusan tahun 2016 sampai dengan 2019 dan mengikuti UN perbaikan serta mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau berbeda, tidak dapat mengikuti seleksi Taruna Akpol 2023.

  1. Bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) danMadrasah Aliyah (MA) harus memiliki sertifikat kelulusan setara SMA/MA dari Kementerian Agama

Syarat kelima adalah bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Madrasah Aliyah (MA) harus memiliki sertifikat kelulusan setara SMA/MA dari Kementerian Agama.

  1. Tidak memiliki tato, bekas tato, atau tindikan yang mencolok

Syarat keenam adalah kamu tidak boleh memiliki tato, bekas tato, atau tindikan yang mencolok. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu memenuhi standar penampilan dan etika yang ada di institusi kepolisian.

  1. Tinggi badan minimal 165 cm (laki-laki) atau 160 cm (perempuan) dengan berat badan seimbang

Syarat ketujuh adalah tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki atau 160 cm untuk perempuan dengan berat badan yang seimbang. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan fisik yang dibutuhkan sebagai calon perwira kepolisian.

  1. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna

Syarat kedelapan adalah kamu harus sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan kesehatan yang dibutuhkan sebagai calon perwira kepolisian.

  1. Tidak pernah terlibat narkoba atau kejahatan lainnya

Syarat kesembilan adalah kamu tidak boleh pernah terlibat narkoba atau kejahatan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu memiliki integritas yang baik dan dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Demikianlah beberapa persyaratan khusus untuk mendaftar di Akpol pada tahun 2023. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ada dan siap mengikuti seluruh tahapan seleksi yang diadakan. Semoga berhasil!