Persiapan Persyaratan Pendaftaran Polri Jalur SIPSS 2023-2024

Untuk menjadi anggota Polri, persyaratan pendaftaran harus dipenuhi dengan baik. Calon pendaftar harus memperhatikan persyaratan dokumen maupun syarat pribadi yang telah ditetapkan. Proses rekrutmen anggota Polri didasarkan pada prinsip “Betah”, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis. Visi dan Misi rekrutmen anggota Polri bertujuan untuk menciptakan anggota polisi yang ramah dalam pelayanan dan tegas dalam penegakan hukum.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian Nasional di Indonesia yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri memiliki motto Rastra Sewakotama, yang berarti Abdi Utama bagi Nusa Bangsa.

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) adalah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri Sumber Sarjana. SIPSS merupakan unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri.

Sebelum mendaftar sebagai anggota Polri pada tahun 2023, calon pendaftar harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum harus dipenuhi oleh setiap calon pendaftar.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada NKRI dan siap mengamalkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Minimal berusia 18 tahun
  5. Sehat jasmani maupun rohani, dan bebas dari narkoba (surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang)
  6. Berkelakuan baik, tidak pernah atau sedang terlibat kasus pidana (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  7. Memiliki kepribadian yang jujur, adil, berwibawa, dan berkelakuan tidak tercela
  8. Siap ditugaskan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada Satker sesuai keahlian/latar belakang program studi

Persyaratan Khusus

Selain persyaratan umum, terdapat juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Persyaratan khusus tergantung pada jenis pendaftaran dan kebutuhan Polri. Persyaratan khusus dapat dilihat melalui tautan berikut KLIK DISINI.

Setiap calon pendaftar harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Polri. Jika terdapat satu persyaratan saja yang tidak terpenuhi, maka calon pendaftar tidak akan dapat diterima sebagai anggota Polri.

Untuk menjaga kualitas dan integritas dari setiap calon pendaftar, pihak Polri melakukan seleksi ketat dalam proses pendaftaran. Seleksi dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi akhir.

Selain memenuhi persyaratan pendaftaran, kalian juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi Polri. Persiapan yang harus dilakukan antara lain meningkatkan kemampuan fisik dan mental, serta kemampuan dalam bidang akademik, seperti matematika, bahasa Inggris, dan logika. Kalian juga harus membuat rencana studi dan berlatih untuk menghadapi tes seleksi, seperti tes tertulis, tes psikologi, dan wawancara.

Tidak hanya itu, kalian juga harus memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk dapat lolos seleksi dan menjadi anggota Polri. Menjadi anggota Polri bukanlah pekerjaan yang mudah, namun jika kalian memiliki semangat dan motivasi yang kuat, maka impian untuk menjadi anggota Polri bisa terwujud.