Tips Terbukti Jitu Lulus AKPOL yang Perlu Anda Pahami

Apabila Anda ingin menjadi bagian dari Akademi Kepolisian (AKPOL), pastinya Anda harus melewati seleksi yang sangat ketat. Seleksi ini tidak hanya dilakukan di tingkat daerah, tetapi juga di tingkat pusat. Oleh karena itu, menjadi lulusan AKPOL merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pelamar.

Namun, bagaimana caranya agar Anda dapat bersaing dan diterima di Akademi Kepolisian? Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, namun kita harus berusaha untuk merubah nasib kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang terbukti jitu untuk membantu Anda lulus seleksi AKPOL.

Berikut Tips yang Bisa Anda Terapkan

  1. Berdoa
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berdoa. Semua yang terjadi dalam hidup kita telah ditakdirkan oleh Sang Pencipta. Oleh karena itu, sebelum melakukan langkah apapun, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam proses seleksi AKPOL.
  2. Doa Restu Orang Tua
    Orang tua adalah sosok yang selalu mendukung dan memberikan semangat dalam hidup kita. Oleh karena itu, janganlupa untuk meminta doa restu kepada mereka sebelum mendaftar dan menjalani proses seleksi AKPOL. Mereka pasti sangat bangga jika anaknya dapat menjadi anggota Akademi Kepolisian.
  3. Siapkan Persyaratan dengan Lengkap
    Pastikan Anda mempersiapkan semua persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar. Pemeriksaan persyaratan dilakukan di tingkat daerah, jadi jangan sampai Anda gagal dalam seleksi berkas hanya karena persyaratan yang kurang lengkap.
  4. Periksa Kesehatan Anda
    Kesehatan yang baik sangat penting dalam menjalani proses seleksi AKPOL. Pastikan Anda selalu memeriksa kesehatan Anda minimal seminggu sekali dengan ahlinya atau dokter dibidang yang dibutuhkan. Jaga pola makan Anda, istirahat yang cukup, dan hindari stres berlebihan.
  5. Tes Psikologi/Kejiwaan
    Untuk lulus pada tahap tes psikologi/kejiwaan di tingkat daerah, Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik sekali soal-soal psikotes AKPOL tahun sebelumnya. Untuk seleksi tingkat pusat, tes psikologi/kejiwaan dilakukan dengan wawancara. Pastikan Anda lulus di tingkat daerah terlebih dahulu sebelum memikirkan tes pusat.
  6. Tes Akademik
    Seleksi ini berkaitan dengan akademik Anda, meliputi tes mata pelajaran yang sudah Anda dapatkan saat menempuh pendidikan SMA/sederajat. Untuk mempersiapkan diri, beli buku soal-soal tes AKPOL atau cari soal-soal tes AKPOL tahun yang lalu. Materi tes dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, jadi latihan mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama akan sangat membantu.
  7. Kesehatan Tahap II
    Apabila Anda sudah pada tahap ini, kemungkinan besar Anda lulus di tingkat daerah. Untuk mempersiapkan tes kesehatan pada tahap ini, konsultasikan dengan dokter dibidang kesehatan yang Anda butuhkan. Tes pada tahap ini melihat kesehatan dalam dan di laboratorium.
  8. Uji Kemampuan Jasmani
    Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes uji kemampuan jasmani, Anda disarankan berlatih renang dengan berbagaigaya, belajar tentang kesamaptaan, dan anthropometri. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik agar dapat mengikuti tes dengan baik.

Mendaftar dan lulus di Akademi Kepolisian bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan melakukan tips-tips di atas, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lulus dalam proses seleksi AKPOL. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang dengan mudah, tetapi dengan usaha dan doa yang terus-menerus, Anda akan berhasil mencapainya. Semoga tips ini dapat membantu Anda meraih cita-cita untuk menjadi anggota Akademi Kepolisian.