Ketahui Apa Saja Tahapan Seleksi Akpol Tahun 2023

Artikel berikut ini akan memberikan informasi mengenai tahapan seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2023, yang dilakukan dalam 2 tahap yaitu tingkat daerah dan tingkat pusat. Pada tahap seleksi daerah, calon taruna/taruni akan menjalani serangkaian tes seperti pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, uji akademik, uji kesamaptaan jasmani, dan lain sebagainya. Setelah lulus seleksi tingkat daerah, calon taruna/taruni akan melanjutkan seleksi tingkat pusat yang dilakukan di Akademi Kepolisian Semarang. Pada tahap seleksi tingkat pusat, calon taruna/taruni akan menjalani serangkaian tes seperti tes psikologi, tes akademik, uji kesamaptaan jasmani, dan lain sebagainya.

Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang anggota Polisi Republik Indonesia sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2023. Seleksi ini dilakukan untuk memilih calon taruna/taruni yang akan menjadi anggota Polri.

Seleksi Akpol dilakukan dalam 2 tahap atau tingkatan, yaitu tingkat daerah dan tingkat pusat. Tahapan seleksi ini dilakukan dengan menggunakan sistem gugur dan atau rangking pada setiap tes. Berikut adalah informasi lengkap mengenai tahapan seleksi Akpol tahun 2023:

Tahapan Seleksi Tingkat Daerah

Tahapan awal seleksi Akpol adalah pemeriksaan administrasi awal. Setelah itu, calon taruna/taruni akan menjalani serangkaian tes, seperti pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, uji akademik, uji kesamaptaan jasmani, dan lain sebagainya. Berikut tahapan seleksi tingkat daerah secara lengkap:

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I (penilaian secara kualitatif)
  3. Tes Psikologi Tahap I Secara Computer Asissted Test (CAT) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif. Calon taruna/taruni harus memenuhi syarat (MS) dengan mendapatkan nilai akhir minimal 61.
  4. Uji Akademik menggunakan Computer Asissted Test (CAT) yang meliputi pengetahuan umum (termasuk undang-undang kepolisian), bahasa Indonesia, matematika, wawasan kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan kewarganegaraan).
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (penilaian secara kualitatif)
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, serta pemeriksaan Anthropometri (penilaian secara kualitatif). Calon taruna/taruni harus memenuhi syarat (MS) dengan nilai batas lulus (NBL) minimal 41,00 dan tidak ada item tes yang mendapatkan nilai “0”.
  7. Tes Psikologi Tahap II dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif). Calon taruna/taruni harus memenuhi syarat (MS) dengan mendapatkan nilai akhir minimal 61.
  8. Pendalaman Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) (penilaian secara kualitatif), dan hasil penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian kualitatif)
  9. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
  10. Sidang Terbuka Kelulusan tingkat Daerah

Bagi Anda yang berdomisili di Sumatera Utara bisa melakukan pendaftaran Akpol melalui (http://sumut.polri.go.id/).

Tahapan Seleksi Tingkat Pusat

Setelah lulus seleksi tingkat daerah, calon taruna/taruni akan melanjutkan seleksi tingkat pusat. Seleksi ini dilakukan di Akademi Kepolisian Semarang. Berikut adalah tahapan seleksi tingkat pusat secara lengkap:

  1. Pemeriksaan Administrasi (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaan Kesehatan (penilaian secara kualitatif)
  3. Tes Psikologi dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif). Calon taruna/taruni harus memenuhi syarat (MS) dengan mendapatkan nilai akhir minimal 61.
  4. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) termasuk penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian secara kualitatif)
  5. Tes Akademik (TPA & Bahasa Inggris) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) (penilaian secara kuantitatif)
  6. Tes Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, serta pemeriksaan anthropometrik (penilaian secara kualitatif). Calon taruna/taruni harus memenuhi syarat (MS) dengan nilai batas lulus (NBL) minimal 41,00 dan tidak ada item tes yang mendapatkan nilai “0”.
  7. Pemeriksaan Penampilan (penilaian secara kuantitatif)
  8. Sidang Terbuka Kelulusan tingkat Pusat

Demikianlah informasi mengenai tahapan seleksi Akpol tahun 2023 yang perlu Anda pahami. Jika Anda berminat untuk mendaftar sebagai calon taruna/taruni Akpol, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi serangkaian tes yang akan dilakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!