Informasi Persyaratan Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2023 yang Perlu Anda Tahu

Akademi Kepolisian (Akpol) membuka pendaftaran online untuk Taruna/I AKPOL Tahun 2023. Artikel ini memberikan informasi lengkap mengenai persyaratan dan informasi pendaftaran online, serta proses seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta.

Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri yang profesional, cerdas, bermoral, dan modern. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang perwira Polri, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar sebagai Taruna/I AKPOL Tahun 2023. Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai persyaratan dan informasi pendaftaran online, serta proses seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi, kuota dan jadwal pendidikan, serta tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta.

Kuota dan Jadwal Pendidikan

Pada tahun 2023, Akpol akan menerima sebanyak 175 peserta didik, terdiri dari 150 pria dan 25 wanita. Jika diterima, peserta didik akan menempuh pendidikan selama 4 tahun di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah. Pendidikan akan dimulai pada tanggal 2 Agustus 2023, dan pendaftaran online dibuka mulai dari tanggal 4 April hingga 14 April 2023.

Persyaratan Umum Pendaftaran AKPOL 2023

Untuk dapat mendaftar sebagai Taruna/I AKPOL Tahun 2023, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pria atau wanita
  3. Bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
  5. Sehat jasmani dan rohani (melampirkan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  6. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  7. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana (melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian yang berwibawa, jujur, adil, dan tidak memiliki sifat tercela.

Persyaratan Khusus Pendaftaran AKPOL 2023

Selain persyaratan umum, terdapat juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon Taruna/I AKPOL 2023. Berikut adalah persyaratan khususnya:

  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan anggota Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan kepolisian atau militer lainnya.
  2. Pendidikan terakhir minimal SMA/MA/SMK atau sederajat dengan nilai rata-rata minimal 7,5 dan memiliki nilai matematika, fisika, dan bahasa Inggris minimal 7.
  3. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  4. Tidak buta warna dan tidak memiliki tato di bagian tubuh yang terlihat saat mengenakan seragam.
  5. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik (melampirkan sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC/EFSET dengan skor minimal 500).

Setelah lolos seleksi, calon Taruna/I AKPOL Tahun 2023 akan menjalani pendidikan selama waktu  yang telah ditentukan, Selama pendidikan, Taruna/I akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang meliputi berbagai aspek seperti pengetahuan akademik, keterampilan praktis, kepemimpinan, dan pengembangan diri. untuk mengetahui lebih lengkap mengenai persyaratan khusus anda bisa KLIK DISINI

Demikianlah informasi lengkap mengenai informasi persyaratan pendaftaran online Taruna/I AKPOL Tahun 2023. Bagi Anda yang ingin menjadi Taruna/I AKPOL, pastikan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan mengikuti proses pendaftaran online dengan baik. Selain itu, persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tahapan seleksi yang cukup ketat.

Dengan menjadi Taruna/I AKPOL, Anda akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang meliputi berbagai aspek seperti pengetahuan akademik, keterampilan praktis, kepemimpinan, dan pengembangan diri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin bergabung dengan Akademi Kepolisian.