Tips Ampuh Lulus Tes Wawancara Seleksi POLRI: Kunci Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian

Tes wawancara sering kali menjadi momok bagi para pelamar kerja, mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, atau karyawan yang ingin naik jabatan, Terutama juga untuk anda yang akan tes wawancara seleksi polri.

Tes wawancara sering menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuannya. Meskipun Anda memiliki prestasi akademik yang cemerlang, jika gagal dalam tes wawancara, peluang Anda untuk lulus menjadi sangat kecil. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lulus dalam tes wawancara dan mencapai tujuan Anda.

Berikut ini adalah tips yang teruji ampuh untuk membantu Anda lulus dalam tes wawancara.

  1. Berdoa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berdoa. Berdoa kepada Allah SWT merupakan cara yang tidak ada tandingannya. Karena jika Allah SWT menghendaki apapun akan terjadi, maka berdoa merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan dalam situasi apapun, termasuk saat akan menghadapi proses wawancara.

  1. Minta Doa Restu

Mintalah doa restu kepada orang yang kita sayangi atau orangyang sayang kepada kita, terutama kepada Orang Tua. Doa restu dari Orang Tua sangat penting karena agama apa pun tidak ada yang melarang kita untuk taat kepada kedua Orang Tua. Selanjutnya, mintalah doa restu kepada orang yang dekat dengan Anda, seperti pasangan atau anak Anda bagi yang sudah menikah. Dengan doa restu dari orang yang Anda sayangi, semua urusan Anda akan dimudahkan oleh Allah SWT.

  1. Rencanakan dan Latih Wawancara

Jangan terlalu memikirkan pertanyaan apa yang akan keluar pada saat proses wawancara, karena pemikiran itu yang akan membuat Anda menjadi takut saat proses wawancara. Rencanakanlah wawancara terlebih dahulu, bayangkanlah dalam pikiran Anda segala pertanyaan yang kemungkinan diajukan. Renungkan jawaban yang akan Anda berikan. Lalu, latihlah wawancara tersebut dalam pikiran Anda.

Seandainya pun tak satu pun pertanyaan yang telah Anda latih itu muncul, latihan tersebut akan memberikan keajaiban. Latihan akan membantu Anda bereaksi spontan terhadap situasi apa pun, sebab Anda telah melatih bereaksi spontan. Dalam suatu wawancara, Andamenjual diri sendiri. Andalah produknya sekaligus penjualnya. Maka, persiapkan diri Anda sebaik mungkin dengan latihan dan perencanaan yang matang.

  1. Jangan Terlalu Berlebihan

Ketika Anda sudah merencanakan dan melatih wawancara, jangan terlalu berlebihan dalam mempersiapkan diri. Jangan terlalu banyak merubah penampilan atau mengubah kepribadian Anda. Sebab, pewawancara tidak hanya melihat kemampuan akademik atau pengalaman Anda, tetapi juga melihat kepribadian Anda. Jangan terlalu banyak berusaha untuk menjadi orang yang Anda sebenarnya bukan.

  1. Bersikap Positif

Saat menghadapi tes wawancara, jangan terlalu cemas atau takut. Bersikap positif dan percaya diri sangat penting dalam menghadapi tes wawancara. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan yang Anda miliki. Anda bisa mencoba untuk menghilangkan rasa cemas dengan bernafas dalam-dalam atau mendengarkan musik yang menenangkan.

  1. Jujur dan Terbuka

Saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara, jangan berbohong ataumenyembunyikan fakta yang sebenarnya. Bersikap jujur dan terbuka akan membuat Anda terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya. Jangan takut untuk mengakui kelemahan yang Anda miliki, tetapi berikan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuh dan Penampilan

Selain menjaga bahasa yang digunakan, perhatikan juga bahasa tubuh Anda saat menghadapi tes wawancara. Bersikaplah sopan dan ramah kepada pewawancara, tetaplah tenang, dan jangan lupa untuk tersenyum. Selain itu, perhatikan juga penampilan Anda. Pilihlah pakaian yang sesuai dan rapi, serta hindari penggunaan parfum yang terlalu kuat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tes wawancara. Ingatlah bahwa tes wawancara bukanlah momok yang harus ditakuti, tetapi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi yang Anda miliki. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti tes wawancara, tidak hanya untuk pendaftaran polri, tetapi juga untuk mendaftar kerja, masuk perguruan tinggi, atau tes lainnya. Selamat mencoba!