Materi Seleksi Bintara Ptu, Brimob, & Pol Air: Semua Yang Harus Anda Ketahui

Anda memiliki cita-cita menjadi anggota kepolisian? Salah satu jalur karir yang bisa diambil adalah melalui seleksi Bintara PTU, Brimob, & Pol Air. Namun, tahukah Anda apa saja materi seleksi yang harus dipersiapkan?

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci materi seleksi yang akan membantu Anda mempersiapkan diri agar bisa lolos seleksi dan mewujudkan impian Anda menjadi seorang polisi yang profesional.

Berikut Materi Seleksi Bintara, Brimob dan Pol Air

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal
    Tahap awal seleksi adalah pemeriksaan administrasi awal, yang dilakukan secara kualitatif. Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan administratif, seperti usia, tinggi badan, serta pendidikan minimal yang dibutuhkan.
  2. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I
    Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan tahap I akan dilakukan secara kualitatif. Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki kesehatan yang cukup untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.
  3. Pemeriksaan Psikologi Tahap I menggunakan CAT
    Pada tahap ini, Anda akan menjalani tes psikologi menggunakan Computerized Assessment Test (CAT), yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Tes ini akan mengevaluasi kemampuan intelektual, kepribadian, serta kemampuan psikomotorik Anda.
  4. Uji Akademik
    Materi uji akademik meliputi Pengetahuan Umum (termasuk Undang-Undang Kepolisian), Bahasa Inggris, Matematika, Wawasan Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara dan Kewarganegaraan). Uji akademik ini akan dinilai secara kuantitatif.
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II
    Pada tahap ini, Anda akan menjalani pemeriksaan kesehatan tahap II, yang meliputi Keswa (Kesehatan Wanita) dan akan dinilai secara kualitatif.
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometri
    Uji kesamaptaan jasmani akan meliputi kesamaptaanA, B, dan C, serta pemeriksaan anthropometri. Tes ini akan dinilai secara kuantitatif dan kualitatif, dan bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan fisik dan kebugaran Anda.
  7. Tes Psikologi Tahap II (Wawancara)
    Pada tahap ini, Anda akan menjalani tes psikologi tahap II melalui wawancara, yang akan dinilai secara kualitatif. Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan interpersonal, motivasi, serta sikap Anda.
  8. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK)
    Tahap ini meliputi pendalaman penelusuran mental kepribadian (PMK), termasuk penelusuran rekam jejak media sosial, yang akan dinilai secara kualitatif. Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi integritas, moralitas, dan kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial.
  9. Pemeriksaan Administrasi Akhir
    Tahap akhir seleksi adalah pemeriksaan administrasi akhir, yang dilakukan secara kualitatif. Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda telah memenuhi semua persyaratan administratif dan materi seleksi.
  10. SidangTerbuka Kelulusan Akhir
    Tahap terakhir adalah sidang terbuka kelulusan akhir, di mana Anda akan dinyatakan lulus atau tidak lulus. Hasil seleksi akan dipublikasikan di media sosial resmi kepolisian.

Materi Seleksi Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus)

Selain seleksi Bintara PTU, Brimob, & Pol Air, terdapat juga seleksi Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) yang memiliki materi seleksi berbeda. Berikut adalah materi seleksi Bakomsus:

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal
  2. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I
  3. Pemeriksaan Psikologi Tahap I menggunakan sistem CAT
  4. Tes Kompetensi Keahlian (TKK) meliputi Keterampilan dan Perilaku, yang akan dinilai secara kuantitatif.
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani dan Pemeriksaan Anthropometri, yang akan dinilai secara kuantitatif dan kualitatif.
  7. Pemeriksaan dan Tes Psikologi Tahap II (Wawancara) dan Pendalaman PMK yang meliputi penelusuran media sosial, yang akan dinilai secara kualitatif.
  8. Pemeriksaan Administrasi Akhir
  9. Sidang Terbuka Kelulusan Akhir

Demikianlah materi seleksi Bintara PTU, Brimob, & Pol Air, serta Bakomsus yang harus dipersiapkan jika Anda ingin menjadi anggota kepolisian. Persiapkan diri Anda dengan baik dan pastikan Anda memenuhi semua persyaratan administratif dan materi seleksi yang dibutuhkan.

Tetaplah berlatih dan berusaha sebaik mungkin agar bisa lolos seleksi, dan jangan lupa untuk selalu mempertahankan kesehatan fisik dan mental Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang polisi yang profesional dan berkualitas.