Ini Sikap yang Harus Dijaga saat Wawancara Agar Sukses

Ingin lulus tes seleksi Polri? Salah satu kunci suksesnya adalah menjaga sikap saat wawancara. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips tentang sikap yang harus dijaga saat wawancara agar berhasil diterima sebagai anggota Polri.

Menjadi anggota Polri adalah impian bagi banyak orang. Namun, untuk mencapai impian tersebut, Anda harus melewati serangkaian tes seleksi yang cukup ketat. Salah satu tahap penting dalam tes seleksi Polri adalah wawancara. Dalam tahap ini, Anda akan dihadapkan dengan pewawancara yang akan menilai kecocokan Anda dengan profesi sebagai anggota Polri. Oleh karena itu, menjaga sikap yang baik selama wawancara sangat penting untuk memaksimalkan peluang Anda diterima sebagai anggota Polri. Berikut beberapa tips sikap yang perlu Anda perhatikan saat wawancara tes seleksi Polri.

Berikut ini adalah beberapa sikap yang harus dijaga saat proses wawancara.

  1. Senyuman yang Tulus
    Senyuman yang tulus dapat menjadi isyarat sikap bersahabat yang paling efektif dan dipahami secara universal. Tersenyum saat bertemu dengan pewawancara dapat memberikan kesan positif dan membuat calon karyawan terlihat lebih menarik. Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa senyuman dapat membantu seseorang merasa lebih bahagia karena emosi yang ditunjukkan pada wajah akan mempengaruhi sistem syaraf untuk merespons perubahan yang biasanya berhubungan dengan emosi tersebut.
  2. Postur Terbuka
    Postur tubuh yang terbuka, seperti lengan yang tidak dilipat dan kaki yang terbuka menghadap ke orang lain dapat memberikan kesan bahwa Anda bisa didekati dan tertarik pada orang yang sedang berbicara dengan Anda. Jangan mengambil posisi tubuh tertutup atau menunjukkan rasa gelisah seperti lengan dilipat dan kaki disilangkan ke arah tubuh karena dapat mengirimkan sinyal bahwa Anda tidak tertarik pada percakapan atau suasana hati Anda sedang tidak nyaman. Dalam hal ini, mempertahankan postur tubuh terbuka dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan memberikan pesan positif kepada pewawancara.
  3. Mencondongkan Badan ke Depan
    Mencondongkan badan ke depan selama wawancara dapat memberikan sinyal bahwa Anda tertarik dan fokus pada percakapan. Hal ini juga dapat membantu Anda terlihat lebih ramah dan terlibat dalam percakapan. Namun, hindari mencondongkan badan terlalu jauh karena dapat terlihat terlalu agresif dan mengganggu kenyamanan orang yang sedang berbicara dengan Anda.
  4. Kontak Mata
    Kontak mata yang baik dapat menunjukkan kepercayaan diri, kejujuran, dan ketertarikan pada orang yang sedang berbicara dengan Anda. Memelihara kontak mata selama wawancara dapat membantu Anda terlihat lebih percaya diri dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh pewawancara. Namun, jangan terlalu sering atau terlalu lama mempertahankan kontak mata karena dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman. Sebaiknya, lakukan kontak mata yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan saat sedang berbicara.
  5. Mengangguk
    Mengangguk dapat menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan oleh pewawancara. Hal ini juga dapat membantu memperjelas bahwa Anda setuju atau meminta penjelasan lebih lanjut. Namun, jangan terlalu sering atau terlalu cepat mengangguk karena dapat membuat kesan kurang serius atau tidak fokus pada percakapan.

Terkait dengan hal-hal di atas, penting bagi para pelamar kerja untuk melatih diri dalam menjaga sikap saat wawancara. Hal ini dapat dilakukan dengan mempraktikkan sikap-sikap tersebut secara berkala dan mengevaluasi bagaimana cara Anda menunjukkan sikap tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan informasi seputar perusahaan dan posisi yang Anda lamar sehingga dapat memberikan jawaban yang tepat dan relevan. Dengan menjaga sikap yangbaik dan mempersiapkan diri dengan baik, peluang Anda untuk diterima sebagai karyawan akan semakin besar.

Demikianlah beberapa sikap yang harus dijaga saat proses wawancara. Selain menjaga sikap, pastikan pula untuk berpakaian rapi dan sopan, serta tiba tepat waktu. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan di dunia kerja.