Tes Psikologi dalam Seleksi Polri TNI: Persiapan dan Tips Lolos

Tes psikologi dalam seleksi Polri TNI merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses seleksi calon anggota TNI dan Polri. Tes psikologi menjadi penentu utama kelulusan para peserta, karena tes ini paling banyak menggugurkan peserta dibandingkan tes lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi para peserta untuk mempersiapkan diri dengan serius dalam menghadapi tes psikologi ini.

Psikologi Pertama

Tes psikologi pertama dilakukan setelah para peserta melalui tes kesehatan awal. Tes ini terdiri dari beberapa tes, di antaranya:

  1. Soal Gambar Psikologi

Tes ini menggunakan metode soal bergambar dengan jawaban pilihan ganda. Terdapat banyak gambar yang harus dijawab, dan terdapat beberapa cara untuk menjawab soal tersebut, seperti mencari perbedaan atau persamaan antar gambar, memisahkan atau menggabungkan gambar, dan lain sebagainya..

  1. Gambar Orang

Tes gambar orang juga dilaksanakan pada tes psikologi pertama. Dalam tes ini peserta hanya diperintahkan untuk menggambar orang, namun orang tersebut haruslah sedang beraktifitas, misalnya jogging, menyapu, atau melakukan aktifitas positif lainnya. Dalam tes menggambar orang ini, peserta diberikan durasi waktu yang cukup singkat, sekitar kurang dari 10 menit. Oleh karena itu, peserta harus menggambar dengan cepat dan rapi, serta sedetail mungkin. Usahakan gambarnya realistis, seperti jika gambar orang yang digambar sedang berangkat kerja, maka pakaikanlah sepatu di kakinya dan barang lainnya sesuai kebutuhan kerja, agar tampak sedikit realistis.

  1. Gambar Pohon

Setelah gambar orang, peserta akan dilanjutkan dengan gambar pohon. Tes gambar pohon ini masih masuk ke dalam tes psikologi pertama. Biasanya instruksi yang diberikan hampir sama dengan tes gambar orang. Durasi gambar sama dengan tes gambar orang. Jangan sekali-kali mencoba menggambar pohon kelapa atau pohon yang tidak berbatang, seperti pohon pisang. Itu tidak diperkenankan. Usahakan dalam penggambaran daun haruslah benar-benar seperti daun, jangan mencoba menggambar daun seperti awan. Jika itu dilakukan, itu sudah melanggaraturan.

Psikologi Kedua

Setelah melalui tahap tes psikologi pertama dan dinyatakan lulus, tes akan berlanjut ke psikologi kedua. Tes ini lebih sulit dibanding tes psikologi pertama, sehingga sangat disarankan bagi para peserta untuk mengikuti bimbingan belajar TNI Polri untuk memperbesar kemungkinan lulus. Tes psikologi kedua terdiri dari beberapa tes, di antaranya:

  1. Hitungan Koran

Tes hitungan koran merupakan tes dengan nilai tertinggi atau paling diutamakan di tes psikologi. Tes hitungan koran terdiri dari angka-angka yang sangat banyak dan peserta diminta untuk menghitungnya dengan perhitungan penjumlahan. Tes ini sangat menguras tenaga, konsentrasi, dan emosi peserta.

  1. Tes Wartegg

Tes Wartegg juga termasuk dalam tes psikologi kedua, di mana peserta diminta untuk menyambungkan garis-garis yang sudah disediakan menjadi sebuah gambar utuh yang berbentuk sesuatu, baik itu benda atau makhluk hidup. Tes ini terdiri dari 8 kotak yang harus diselesaikan oleh peserta.

  1. Gambar Rumah, Pohon, dan Orang

Di tes psikologi kedua, para peserta harus menggambar rumah, pohon, dan orang dalam satu kertas. Tes ini semakin sulit dibanding dengan tes gambar orang dan gambar pohon yang digambar secara terpisah pada tes psikologi pertama.

  1. Roda Gila

Tes roda gila menampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan roda. PPara peserta harus menggunakan logika mereka untuk memahami gambar-gambar tersebut. Metode yang digunakan dalam tes roda gila sama dengan tes soal gambar pada psikologi pertama, yaitu dengan menjawab pilihan ganda..

Tips Lolos Tes Psikologi Seleksi Polri TNI

Tidak ada cara instan untuk lolos tes psikologi seleksi Polri TNI. Namun, para peserta dapat mempersiapkan diri dengan serius dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mempelajari Materi Tes

Para peserta dapat mencari materi tes psikologi di internet atau mengikuti bimbingan belajar TNI Polri agar dapat memahami jenis-jenis tes dan bagaimana cara menjawabnya.

  1. Berlatih Mengerjakan Soal

Para peserta dapat berlatih mengerjakan soal-soal psikologi agar terbiasa dengan jenis-jenis soalyang akan muncul dalam tes psikologi seleksi Polri TNI.

  1. Menjaga Kondisi Fisik dan Mental

Tes psikologi seleksi Polri TNI sangat menguras tenaga, konsentrasi, dan emosi para peserta. Oleh karena itu, para peserta harus menjaga kondisi fisik dan mental mereka dengan baik. Istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi, serta berolahraga secara teratur dapat membantu para peserta menjaga kondisi fisik dan mental mereka.

  1. Jangan Panik dan Tetap Tenang

Panik dan stres hanya akan memperburuk kondisi para peserta dalam menghadapi tes psikologi seleksi Polri TNI. Oleh karena itu, para peserta harus tetap tenang dan percaya diri dalam menghadapi tes ini.

Demikianlah informasi mengenai tes psikologi dalam seleksi Polri TNI beserta tips untuk mempersiapkan diri dan lolos tes tersebut. Semoga informasi ini dapat membantu para peserta dalam menghadapi tes psikologi seleksi Polri TNI dengan lebih siap dan percaya diri.