Tahapan Seleksi Calon Bintara Polri: Cara Mendaftar dan Syaratnya

Artikel ini menjelaskan tahapan seleksi calon Bintara Polri yang harus dilalui, mulai dari verifikasi di Polres atau Polda hingga sidang penetapan kelulusan akhir. Berikut juga dijelaskan cara mendaftar dan syarat-syarat pendaftaran sebagai calon Bintara Polri. Semoga artikel ini dapat membantu calon pendaftar mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Anda ingin menjadi seorang anggota kepolisian, tepatnya sebagai Bintara Polri? Tahukah Anda bahwa menjadi seorang anggota kepolisian tidaklah mudah? Anda harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang ketat sebelum dapat diterima sebagai anggota kepolisian. Berikut ini adalah tahapan seleksi calon Bintara Polri yang harus Anda ketahui.

  1. Verifikasi di Polres atau Polda Selaku Panbanrim

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim. Pendaftar harus melakukan verifikasi dengan membawa kelengkapan berkas persyaratan dan mengukur tinggi serta berat badan.

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres atau Polda Selaku Panbanrim

Setelah verifikasi, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan administrasi awal di Polres atau Polda selaku Panbanrim. Tahapan ini merupakan lanjutan dari tahapan verifikasi.

  1. Penandatanganan Pakta Integritas di Polres atau Polda Selaku Panbanrim

Pendaftar harus melakukan penandatanganan dan pengucapan Pakta Integritas di Polres atau Polda sebagai Panbanrim. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan pendaftar dalam mengikuti seleksi dan menegaskan komitmennya untuk mengabdi sebagai anggota kepolisian.

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polda Selaku Panitia Daerah

Tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan administrasi awal di Polda selaku panitia daerah. Tahapan ini sama dengan pemeriksaan administrasi awal di Polres atau Polda selaku Panbanrim, namun yang membedakan adalah tahapan ini dilakukan di Polda.

  1. Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1

Pada tahap ini, pendaftar akan menjalani serangkaian pemeriksaan medis untuk seleksi Calon Taruna Akpol, calon siswa SIPSS, calon siswa Brigadir dan calon siswa Tamtama.

  1. Pemeriksaan Psikologi

Tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan psikologi, yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan. Tes psikologi tingkat daerah dilaksanakan secara tertulis. Bagi pendaftar yang lulus tingkat daerah, pelaksanaan tes psikologi di tingkat pusat akan dilaksanakan dengan metode wawancara.

  1. Pemeriksaan Uji Akademik

Pada tahap ini, tim pemeriksa akademik akan melakukan serangkaian kegiatan untuk mengukur kondisi jasmani calon Taruna Akpol, calon siswa SIPSS, dan calon siswa Brigadir.

  1. Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2

Pemeriksaan kesehatan tahap 2 meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium.

  1. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri

Pada tahap ini, pendaftar harus menjalani ujian kesamaptaan jasmani yang meliputi kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang, dan anthropometri.

  1. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian

Tahapan ini adalah kegiatan penelusuran yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Paminal, dengan meneliti riwayat dan latar belakang calon sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan, melanjutkan pendidikan, atau menjalani dinas kepolisian.

  1. Pemeriksaan Administrasi Akhir

Setelah berhasil melewati tahapan-tahapan sebelumnya, pendaftar harus mengikuti ujian untuk memeriksa kelengkapan administrasi pada tahap akhir.

  1. Sidang Lulus Sementara Akhir

Setelah melalui tahapan seleksi sampai tahap akhir, pengumuman peserta yang lulus akan dilakukan melalui sidang lulus sementara akhir.

  1. Supervisi dari Pusat

Seluruh data administrasi hasil seleksi di tingkat daerah akan dikunjungi dan dicek oleh Panitia Pusat.

  1. Sidang Penetapan Kelulusan Akhir

Pengumuman peserta yang lulus setelah mengikuti seleksi sampai tahap akhir dan terpilih untuk mengikuti pendidikan Brigadir Polisi akan dilakukan melalui sidang penetapan kelulusan akhir.

Bagaimana Cara Mendaftar?

Untuk mendaftar sebagai calon Bintara Polri, Anda dapat login ke website resmi pendaftaran anggota Polri atau datang langsung ke Polres, Polresta, atau alamat pendaftaran pusat di Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Syarat-syarat pendaftaran dapat dilihat di website resmi pendaftaran anggota Polri.

Menjadi seorang anggota kepolisian, termasuk sebagai Bintara Polri, tidaklah mudah. Pendaftar harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang ketat dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan. Dengan mengetahui tahapan seleksi dan syarat-syarat pendaftaran, diharapkan calon pendaftar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi calon pendaftar Bintara Polri.