Ingin Menjadi Anggota Polisi? Kenali Persyaratan Tinggi Badan yang Berlaku!

Anda ingin menjadi anggota Polri? Pastikan Anda mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk syarat tinggi badan minimal. Bagi calon peserta yang ingin mendaftar menjadi anggota Polri melalui seleksi Akpol, SIPSS, Bintara, atau Tamtama, Anda harus memenuhi persyaratan umum, khusus, dan lainnya. Informasi selengkapnya dapat ditemukan di website resmi Penerimaan Polri.

Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Polisi Berbeda-beda

Salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan adalah tinggi badan. Syarat tinggi badan minimal untuk bisa masuk Polisi (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) ini dibedakan antara tinggi badan pria dan wanita, dan juga berbeda antara tinggi badan untuk anak-anak asal Papua/Papua Barat dengan daerah lainnya. Persyaratan tinggi badan juga berbeda antara satu jenis seleksi dengan seleksi lainnya.

Berikut adalah informasi rinci mengenai syarat tinggi badan minimal untuk masing-masing jenis seleksi:

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk SIPSS

Untuk seleksi SIPSS, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 158 cm, sedangkan untuk wanita adalah 155 cm.

2. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Akpol

Untuk seleksi Akpol, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm, sedangkan untuk wanita adalah 163 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Polri

Untuk seleksi Bintara Polri, syarat tinggi badan minimal untuk umum adalah 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Namun, untuk daerah perbatasan (Wiltas)/pulau-pulau kecil terluar (PPKT)/pulau-pulau terpencil (PPT), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm dan untuk wanita adalah 158 cm di daerah pesisir, serta 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita di daerah pegunungan. Khusus untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Polair

Untuk seleksi Bintara Polair, syarat tinggi badan minimal untuk priaadalah 165 cm, sedangkan untuk wanita adalah 160 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Teknologi Informasi (TI)

Untuk seleksi Bintara Teknologi Informasi (TI), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah 158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Musik

Untuk seleksi Bintara Musik, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah 158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Penerbangan (Pilot)

Untuk seleksi Bintara Penerbangan (Pilot), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm, sedangkan untuk wanita adalah 160 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Kimia

Untuk seleksi Bintara Kimia, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah 158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Teknologi Tekstil

Untuk seleksi Bintara Teknologi Tekstil, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah 158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Dakwah Islam

Untuk seleksi Bintara Dakwah Islam, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Perawat

Untuk seleksi Bintara Perawat, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm, sedangkan untuk wanita adalah 158 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Bintara Tata Boga

Untuk seleksi Bintara Tata Boga, syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm, sedangkan untuk wanita adalah 160 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk pria adalah 160 cm dan untuk wanita adalah 155 cm.

  1. Syarat Tinggi Badan Minimal Masuk Tamtama

Untuk seleksi Tamtama, syarat tinggi badan minimal adalah 165 cm. Namun, untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat), syarat tinggi badan minimal untuk tinggi badan adalah160 cm.

Namun, perlu diingat bahwa tinggi badan bukanlah satu-satunya faktor yang dipertimbangkan dalam seleksi menjadi anggota Polri. Masih ada persyaratan lain seperti kesehatan, kemampuan fisik, pendidikan, dan kepribadian yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan semua persyaratan yang ada dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar menjadi anggota Polri.