9 Tips Persiapan Masuk AKPOL: Rahasia Sukses Lulus Seleksi

Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah lembaga pendidikan yang mencetak Perwira Polri. AKPOL berada di bawah Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri) dan bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat akademi selama 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Metode pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan digunakan dalam pendekatan pendidikan di AKPOL.

Namun, menjadi calon taruna di AKPOL tidaklah mudah. Persiapan yang matang diperlukan untuk dapat lolos seleksi. Selain tes akademik, calon siswa juga harus melewati tes kesamaptaan, tes psikologi, serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Untuk membantu calon taruna dalam persiapan masuk AKPOL, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

  1. Persiapan Mental yang Matang
    Untuk lulus seleksi AKPOL, calon taruna harus memiliki mental yang matang, dewasa, dan tenang. Latih diri menjadi pribadi yang diinginkan karena selain tes yang digunakan pada penerimaan AKPOL, ada juga pemeriksaan penelusuran mental kepribadian yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Panimal sebagai pertimbangan dalam bentuk kelulusan.
  2. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
    Sebelum mendaftar, jangan lupa meminta restu kepada orang tua karena profesi di kepolisian merupakan idaman Anda. Yakinkan diri bahwa masuk AKPOL adalah salah satu cara untuk membahagiakan kedua orang tua Anda. Selain itu, perbanyak doa kepada Sang Maha Pencipta agar dimudahkan dalam urusan tersebut.
  3. Persiapan Dokumen Persyaratan yang Lengkap
    Pemeriksaan dokumen pendaftaran dilakukan saat masih di tingkat daerah yaitu Polres & Polda selaku panbanrim. Pastikan berkas dokumen persyaratan sudah lengkap karena pemeriksaan persyaratan atau dokumen pendaftaran sangatlah penting. Jangan sampai Anda gagal dalam seleksi berkas karena persyaratan masuk AKPOL yang tidak cukup. Dalam persyaratan ini sangatlah hati-hati. Apabila melakukan kecurangan dengan memalsukan dokumen atau mencari sponsor agar lulus maka akan didiskualifikasi.
  4. Latihan Fisik yang Teratur
    Tes kesamaptaan menjadi salah satu tahap seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna AKPOL. Oleh karena itu, latihan fisik yang teratur sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan fisik. Latihan fisik juga dapat membantu dalam menghadapi tes kesamaptaan yang meliputi tes lari, pull-up, push-up, dan sit-up.
  5. Persiapan Akademik yang Cukup
    Tes akademik juga menjadi tahap seleksi penting di AKPOL. Oleh karena itu, persiapan akademik yang cukup diperlukan untuk dapat menghadapi tes tersebut. Penguasaan materi pelajaran di SMA/SMK/MA sangat penting karena materi yang diujikan pada tes akademik akan mencakup berbagai disiplin ilmu seperti matematika, fisika, biologi, sejarah, dan lain-lain.
  6. Belajar Kepemimpinan dan Kedisiplinan
    Pendidikan di AKPOL tidak hanya menekankan pada aspek akademik saja, tetapi juga pada aspek kepemimpinan dan kedisiplinan. Oleh karena itu, calon taruna perlu mempelajari dan memahami konsep kepemimpinan dan kedisiplinan agardapat siap menghadapi pendidikan di AKPOL. Banyak buku atau artikel yang dapat dipelajari untuk meningkatkan pemahaman tentang kedua aspek tersebut.
  7. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
    Kemampuan bahasa Inggris juga menjadi salah satu faktor penting dalam seleksi AKPOL. Oleh karena itu, calon taruna perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan membaca buku-buku dalam bahasa Inggris, menonton film atau video dalam bahasa Inggris, dan berbicara dalam bahasa Inggris.
  8. Berlatih Menulis Esai
    Tes psikologi di AKPOL biasanya akan melibatkan tes menulis esai. Oleh karena itu, calon taruna perlu berlatih menulis esai dalam bahasa Indonesia dengan topik yang beragam. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis dan pemahaman terhadap berbagai topik.
  9. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik
    Selain persiapan akademik dan fisik, persiapan mental dan fisik secara menyeluruh juga sangat penting. Calon taruna harus siap untuk menghadapi tekanan dan tantangan yang akan dihadapi selama pendidikan di AKPOL.10. Memiliki Motivasi yang Kuat
    Terakhir, memiliki motivasi yang kuat dan tekad yang besar adalah faktor kunci dalam persiapan masuk AKPOL. Pastikan bahwa Anda benar-benar ingin menjadi seorang perwira polisi di masa depan dan memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan tekad yang kuat, Anda akan lebih mudah melewati semua tahap seleksi dan menjadi calon taruna AKPOL yang sukses.

 

Demikian beberapa tips persiapan masuk AKPOL yang dapat diterapkan oleh para calon taruna. Penting untuk diingat bahwa persiapan yang matang dan tekad yang kuat sangatlah diperlukan untuk dapat lolos seleksi AKPOL. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam meraih impian menjadi perwira polisi di masa depan.