Syarat Kesehatan Gigi yang Harus Diperhatikan untuk Lulus Masuk POLRI

Tes kesehatan gigi menjadi salah satu syarat penting untuk bisa lolos masuk ke Polisi. Kesehatan gigi yang baik dan terjaga menjadi hal yang sangat penting, baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Hal ini dikarenakan tugas sebagai polisi membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang prima, termasuk kesehatan gigi yang prima. Kesehatan gigi yang buruk dapat mempengaruhi kinerja seorang polisi, bahkan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Untuk menjadi seorang polisi, tidak hanya persyaratan administrasi dan kesehatan jasmani saja yang harus dipenuhi, tetapi juga melalui tes kesehatan yang sangat ketat. Tes ini bertujuan agar yang dipilih merupakan calon polisi yang baik dan unggul untuk menjaga serta membela tanah air. Oleh karena itu, penting bagi calon polisi untuk mengetahui syarat kesehatan gigi yang wajib dipenuhi sebelum mendaftar sebagai calon polisi.

Kriteria Gigi yang Sehat untuk Lolos Tes Kesehatan Polisi

Gigi yang sehat dan terawat menjadi salah satu syarat penting untuk bisa lolos tes kesehatan polisi. Adapun beberapa kriteria gigi yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Gigi berada dalam keadaan rapi dan utuh, termasuk jaringannya.
  2. Gigi tidak goyang atau tanggal.
  3. Gigi tidak berlubang, terdapat plak dan karies atau karang gigi.
  4. Warna gigi putih kekuningan.
  5. Gusi berwarna merah muda, melekat erat pada tulang, tidak sakit, dan tidak mudah berdarah.

Kriteria Gigi yang Menjadi Poin Minus

Terdapat beberapa kondisi gigi yang memberikan point minus pada keseluruhan point kelulusan tes, antara lain:

  1. Gigi geligi yang berjejal atau tumpang tindih.
  2. Gigi depan yang tonggos atau terlalu maju.
  3. Satu atau banyak gigi sudah dicabut atau hilang karena bolong.

Oleh karena itu, solusi untuk gigi yang tidak rata, maka calon pendaftar sebaiknya disarankan menggunakan kawat gigi terlebih dahulu jauh sebelum pendaftaran. Namun pastikan bahwa ketika Anda mendaftar, kawat gigi telah dilepas.

Gigi yang berlubang juga dapat mengurangi nilai bagi calon pendaftar khususnya untuk menjadi anggota militer seperti polisi. Menurut berbagai jurnal internasional, gigi berlubang dapat berkontribusi besar pada sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas pekerjaan. Maka dari itu, segera lakukan diagnosa, perawatan serta penambalan apabila gigi Anda sudah terlanjur berlubang.

Bagaimana Jika Gigi Rusak dan Diganti dengan Gigi Palsu?
Beberapa orang mungkin pernah mengalami gigi tanggal karena kecelakaan atau sudah rusak secara alami, sehingga mau tidak mau mereka harus menggantinya dengan gigi implan atau palsu. Namun, perlu diingat bahwa syarat gigi masuk polisi haruslah dalam kondisi sehat dan baik. Apabila calon pendaftar mengalami kerusakan gigi sehingga membutuhkan penambalan atau pemasangan gigi tiruan, maka disarankan gigi yang mati tersebut dirawat terlebih dahulu melalui tindakan perawatan saluran akar. Setelah tindakan perawatan, maka gigi akan diperbaiki hingga menyerupaigigi asli yang sehat dan utuh. Namun, jika gigi tersebut tidak bisa diperbaiki, maka calon pendaftar bisa mempertimbangkan untuk menggunakan gigi tiruan yang cocok dan sesuai dengan syarat kesehatan gigi untuk masuk ke Polisi.

Tes kesehatan gigi merupakan salah satu syarat penting untuk bisa lolos masuk ke Polisi. Calon pendaftar harus memperhatikan kondisi gigi mereka dan memastikan bahwa gigi mereka dalam keadaan sehat dan utuh. Gigi yang rusak atau berlubang dapat mengurangi nilai bagi calon pendaftar, dan mungkin dapat membuat mereka tidak lolos tes kesehatan gigi. Oleh karena itu, disarankan bagi calon pendaftar untuk merawat gigi mereka dengan baik sebelum mendaftar dan mengikuti tes kesehatan gigi dengan serius.