Ini Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Masuk POLRI

Jika kamu ingin bergabung dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), pastikan kamu mempersiapkan dirimu dengan baik agar dapat lolos seleksi masuk. Polri merupakan kepolisian nasional Indonesia yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Tugas-tugas Polri meliputi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Di sini, kami akan memberikan beberapa tips dan tahapan yang harus kamu perhatikan dalam persiapan masuk Polri.

Persiapan Administrasi

Tahapan awal yang sangat penting dalam persiapan masuk Polri adalah persiapan administrasi. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan administrasi, seperti ijazah SMA, SMK, SMU, MA (fotokopi yang telah dilegalisir), daftar nilai UAN, SKCK dari Polres setempat, akte kelahiran (fotokopi yang telah dilegalisir oleh Dinas Kependudukan), surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit, KTP orang tua wali (melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir oleh kecamatan setempat), kartu keluarga atau KK (melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir dari kecamatan setempat), photo berwarna ukuran 4X6 dengan jumlah foto 12 lembar, dan pas foto setengah badan atau close up dengan ukuran 3R sebanyak 3 lembar. Seluruh berkas tersebut harus dimasukkan ke dalam 6 lembar beberapa map yang terpisah dengan ketentuan sebagai berikut: 1 map berisi dokumen asli dan 5 map berisi dokument fotokopi.

Tes Kesehatan

Pada tahapan tes masuk Polri yang satu ini, kamu akan diperiksa dari sisi kesehatan. Seorang calon anggota Polri tidak boleh memiliki mata minus, buta warna, ataupun sakit berat. Selain itu, seorang calon anggota Polri juga tidak boleh memiliki ambeien, kaki bengkok, serta gagap.

Tinggi badan yang diperbolehkan adalah 165 cm untuk calon anggota Polri pria dan 160 cm untuk calon anggota Polri wanita. Sebaiknya, lakukan check-up kesehatan awal terlebih dahulu, bisa dilakukan di RS Bhayangkara masing-masing. Cek kesehatan tahap awal terdiri dari pemeriksaan fisik secara luar seperti bentuk kaki, THT, ambeien, mata, dll. Sedangkan cek kesehatan kedua lebih fokus pada organ dalam seperti torak, cek darah, urine, jantung, dll. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cek kesehatan lebih awal sebelum mengikuti seleksi agar mengetahui kondisi fisik dan kesehatan calon peserta seleksi.

Persiapan Tes Psikologi

Tahapan dalam tes masuk Polri yang tak kalah penting adalah tes psikologi. Pada tahapan ini, kamu akan diuji mengenai kemampuan bekerjasama, kepemimpinan, dan bagaimana cara menangani permasalahan serta solusi dari persoalan yang diberikan. Untuk persiapan psikologi, kamu dapat melakukan latihan soal-soal psikologi serta membaca buku tentang tes psikologi. Latihan ini akan membantumu mempersiapkan diri dengan lebih baik agar dapat melewati tahapan tes masuk Polri ini.

Latihan Fisik Secara Teratur

Selain mempersiapkan nilai akademik sebaik mungkin, latihan fisik teratur jugapenting untuk disiapkan dalam persiapan masuk Polri. Seorang anggota Polri harus memiliki kemampuan fisik yang baik agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seperti berlari, berenang, dan melakukan latihan kekuatan fisik. Kamu dapat melakukan latihan fisik secara teratur, seperti jogging, push-up, sit-up, dan pull-up. Latihan fisik juga dapat membantumu dalam mengendalikan emosi dan stres, sehingga kamu dapat lebih fokus dalam menjalani seleksi masuk Polri.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting dalam karir Polri, terutama dalam hal komunikasi internasional dan pengembangan diri. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu dapat melakukan latihan dan belajar bahasa Inggris secara mandiri atau mengikuti kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuanmu.

Mengetahui Lebih Detail Tentang Polri

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Polri, kamu sebaiknya mengetahui lebih detail tentang tugas, tanggung jawab, dan aturan yang berlaku di Polri. Kamu dapatmembaca berbagai sumber informasi mengenai Polri, baik melalui internet, buku, atau bertanya langsung dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di dalamnya. Hal ini akan membantumu memahami lebih baik mengenai apa yang diharapkan dari seorang anggota Polri dan bagaimana kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat menjalankan tugas tersebut.

Demikianlah beberapa tips dan tahapan yang sebaiknya dipersiapkan dalam masuk Polri. Persiapan yang baik dan matang akan membantumu melewati seleksi masuk Polri dengan lebih baik dan memastikan kamu siap untuk menjadi salah satu abdi utama bagi nusa dan bangsa.