Institusi Polisi Terbaik di Dunia: 5 Negara yang Layak Dicontoh

Temukan 5 negara dengan institusi polisi terbaik di dunia dan apa yang membuat mereka begitu tangguh. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Institusi polisi merupakan penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap negara. Namun, tidak semua negara memiliki institusi polisi yang sama baiknya. Beberapa negara memiliki pasukan polisi yang sangat terlatih dan tangguh, sehingga mereka mampu menangani situasi berbahaya dengan sangat baik. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang 5 negara yang memiliki institusi polisi terbaik di dunia dan apa yang membuat mereka begitu tangguh. Dari Jerman hingga Brazil, simak selengkapnya untuk mengetahui institusi polisi terbaik di dunia.

  1. Jerman
    Jerman memiliki unit taktis elit bernama GSG 9. Pasukan ini dianggap sebagai polisi paling profesional di dunia. Untuk menjadi anggota GSG 9, para pelamar harus menjalani pelatihan medis, fisik, dan psikologis yang sangat ketat. Setelah itu, mereka mengikuti pelatihan dasar selama 16 minggu dan pelatihan khusus selama sembilan minggu. Seluruh anggota GSG 9 adalah penembak jitu, namun menariknya, meski sudah melakukan lebih dari 1.500 operasi, mereka hanya pernah menggunakan senjata sebanyak lima kali saja.
  2. Austria
    Di Austria, ada unit kepolisian bernama EKO Cobra yang merupakan pasukan khusus paling elit di dunia. Pasukan ini terlibat dalam banyak kasus penyelamatan, operasi bersenjata, dan penembakan. Selain itu, EKO Cobra juga memiliki peralatan perlindungan terbaik di dunia, termasuk senjata buatan Steyr Mannlicher, seragam polisi khusus yang sudah dimodifikasi, serta perlengkapan canggih lainnya.
  3. Amerika
    Amerika memiliki tingkat kejahatan tertinggi di antara negara-negara maju lainnya. Oleh karena itu, negara ini memiliki banyak lembaga penegak hukum yang sangat tangguh, seperti departemen polisi di masing-masing negara bagian, DHS, FBI, CIA, APF, hingga salah satu unit paling elit di dunia yang bertugas menyelesaikan berbagai kasus beresiko tinggi, yaitu SWAT.
  4. Colombia
    Colombia memiliki unit kepolisian bernama Junglas, yaitu pasukan khusus yang bertanggung jawab atas misi-misi paling berbahaya. Junglas terdiri dari sekitar 600 pasukan yang sangat tangguh dan terlatih. Mereka bertugas membasmi lab narkoba dan kokain di area perhutanan Colombia.
  5. Brazil
    Brazil memiliki sebuah unit pasukan bernama BOPE, yang dikenal cukup kejam dan sering melakukan tindakan kontroversial. Namun, BOPE juga menjadi salah satu unit dengan pasukan paling elit di dunia. Para anggotanya harus menjalani masa pelatihan yang sangat sulit, termasuk tidak tidur selama tiga hari lamanya tanpa disediakan makanan sambil menjalankan misi simulasi.

Selain kelima negara di atas, Israel juga memiliki pasukan khusus bernama Yamam yang didirikan setelah terjadi peristiwa tragis di Ma’a lot pada tahun 1974. Salah satu kelebihan Yamam adalah menjalani salah satu pelatihan paling sulit di dunia selama enam bulan lamanya.

Dengan institusi polisi terbaik di dunia, negara-negara ini tentu saja patut dijadikan contoh. Pasukan polisi mereka sangat terlatih, tangguh, dan mampu menangani situasi berbahaya dengan sangat baik. Mereka memiliki tugas, divisi, dan tanggung jawab penting guna memberantas berbagai macam kejahatan serta ancaman-ancaman lainnya yang mungkin membahayakan masing-masing negaranya.

Semoga dengan adanya institusi polisi yangterbaik di dunia, dapat membantu masyarakat merasa lebih aman dan nyaman. Namun, tidak hanya negara-negara di atas yang perlu meningkatkan kualitas institusi polisinya, tetapi semua negara juga harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas institusi polisinya agar mampu memberikan perlindungan terbaik bagi masyarakat.