Tes Akademik Polri: Persiapan dan Materi Ujian Yang Perlu Anda Pahami

Tes akademik Polri atau Tes Potensi Akademik Polri (TPA) merupakan bagian penting dari seleksi masuk Polri. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari materi uji tes akademik Polri, pelaksanaan tes, serta sistem penilaian tes akademik Polri. Simak informasi lengkapnya di sini.

Tes akademik Polri menjadi tahap seleksi yang harus dilalui oleh setiap calon anggota Polri. Sebagai bagian penting dari seleksi masuk Polri, tes akademik Polri menentukan kemampuan akademik dari calon anggota yang masuk dalam kesatuan Polri. Oleh karena itu, memahami materi dan persiapan tes akademik Polri sangat penting bagi Anda yang ingin bergabung dengan Polri. Dalam artikel ini, kita akan membahas materi uji tes akademik Polri, pelaksanaan tes, serta sistem penilaian tes akademik Polri yang perlu Anda ketahui. Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pada umumnya, tes akademik menjadi seleksi yang ada pada banyak instansi, baik itu instansi negeri maupun swasta. Tes akademik dimaksudkan sebagai tolak ukur instansi atau lembaga dalam melakukan seleksi masuk, sehingga panitia tahu benar kemampuan akademik dari calon anggota yang masuk dalam kesatuan.

Materi Uji Tes Akademik Polri

Materi dalam tes akademik Polri terdiri dari tiga pokok utama, yaitu bahasa Indonesia, pengetahuan umum (muatan lokal), dan matematika. Namun, variasi soal dalam tes akademik Polri dapat berbeda-beda tergantung kebutuhan instansi. Oleh karena itu, dalam persiapan tes akademik Polri, selain mempersiapkan materi pokok, Anda juga perlumemperluas pengetahuan Anda tentang materi lain yang mungkin muncul dalam tes.

Beberapa materi yang sering muncul dalam tes akademik Polri antara lain matematika, bahasa Inggris, pengetahuan alam, pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, dan perundang-undangan. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari semua materi yang mungkin keluar dalam tes akademik Polri.

Pelaksanaan Tes Akademik Polri

Tes akademik dalam seleksi masuk Polri dilakukan dalam dua tahap ujian. Ujian pertama dilakukan di Polda masing-masing, sedangkan ujian kedua dilakukan di pusat. Pelaksanaan tes akademik Polri dilakukan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), dengan sistem one day test, yang artinya tes dilakukan dalam satu hari tanpa pengulangan atau perpanjangan waktu. Sistem penilaian dalam tes akademik Polri dilakukan secara transparan menggunakan scanner komputer, sehingga hasil tes dapat langsung diketahui oleh para peserta tes.

Sistem Penilaian Tes Akademik Polri

Penilaian tes akademik Polri menggunakan sistem kuantitatif skala 0-100. Jawaban yang salahatau tidak diisi tidak akan diberi nilai. Pembobotan materi dalam tes akademik Polri adalah sebagai berikut: pengetahuan umum x 35%, matematika x 35%, dan bahasa Indonesia x 30%. Nilai akhir dihitung dengan menjumlahkan bobot ketiga materi soal masing-masing dikalikan dengan bobot baru kemudian dibagi 100.

Memahami materi dan persiapan tes akademik Polri sangat penting bagi Anda yang ingin bergabung dengan Polri. Selain mempersiapkan materi pokok, Anda juga harus memperluas pengetahuan Anda tentang materi lain yang mungkin muncul dalam tes. Pastikan Anda juga memahami pelaksanaan tes dan sistem penilaian tes akademik Polri untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal pada tes akademik Polri.

Demikianlah informasi lengkap mengenai tes akademik Polri atau Tes Potensi Akademik Polri (TPA). Tes akademik Polri menjadi tahap seleksi yang penting bagi calon anggota Polri. Dalam persiapan tes akademik Polri, Anda perlu memahami materi uji, pelaksanaan tes, serta sistem penilaian tes akademik Polri. Dengan persiapan yang matang dan memadai, Anda dapat memperoleh hasil yang optimal pada tes akademik Polri dan memperoleh kesempatan untuk bergabung dengan Polri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi ini membantu Anda dalam mempersiapkan tes akademik Polri.