Harga Plat Nomor Cantik, Peraturan dan Pajaknya yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda tertarik memiliki plat nomor cantik? Sebelum memutuskan untuk membuatnya, ada baiknya Anda mengetahui harga plat nomor cantik serta peraturan dan pajak yang berlaku.

Plat nomor merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan yang digunakan sebagai pembeda antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya, baik itu mobil maupun motor. Tak jarang, orang ingin membuat plat nomor dengan nomor yang cantik, namun berapa sih harga plat nomor cantik tersebut?

Jika Anda tertarik membuat plat nomor cantik, berikut ini informasi mengenai harga plat nomor cantik, peraturan, dan pajaknya yang perlu Anda ketahui.

Harga Plat Nomor Cantik

Setelah mengetahui langkah-langkah cara membuat plat nomor cantik, pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa semakin sedikit angka pada plat nomor tersebut, maka harga plat nomor tersebut akan semakin mahal. Selain itu, ada penambahan biaya jika tidak menggunakan huruf pada bagian belakang. Berikut ini adalah rincian lengkapnya.

Plat Nomor Cantik 1 Digit
Harga plat nomor cantik dengan hanya 1digit angka adalah Rp15 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp20 Juta.

Plat Nomor Cantik 2 Digit
Harga plat nomor cantik dengan hanya 2 digit angka adalah Rp10 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp15 Juta.

Plat Nomor Cantik 3 Digit
Harga plat nomor cantik dengan hanya 3 digit angka adalah Rp7,5 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp10 Juta.

Plat Nomor Cantik 4 Digit
Terakhir, harga plat nomor cantik dengan hanya 4 digit angka adalah Rp5 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp7,5 Juta.

Peraturan Plat Nomor Cantik

Selain mengetahui cara membuat dan harga plat nomor cantik, ada baiknya Anda juga mengetahui peraturan yang berlaku terkait dengan plat nomor cantik. Peraturan resmi tentang plat nomor cantik tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor60 Tahun 2016.

Peraturan tersebut menjelaskan tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diberlakukan oleh kepolisian. Selain itu, tercantum pula pada Keputusan Korlantas Polri Nomor Kep/166/VIII/2019 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan.

Menurut hasil keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, terdapat enam poin peraturan tentang plat nomor cantik ini. Berikut ini adalah keenam poin peraturan tersebut:

  1. NRKB pilihan atau plat nomor cantik berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang pada lima tahun berikutnya untuk kode wilayah yang sama.
  2. NRKB pilihan atau plat nomor cantik tidak berlaku jika kendaraan berpindah tangan atau berpindah ke luar wilayah.
  3. NRKB pilihan atau plat nomor cantik tetap berlaku jika pemilik kendaraan melakukan perubahan alamat, mesin, warna, dan masih dalam kode wilayah yang sama.
  4. NRKB pilihan atau plat nomor cantik masa berlakunya tercantum dalam surat keteranganNRKB yang hanya dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Polta/Poltabes.
  5. NRKB pilihan atau plat nomor cantik untuk perpanjangannya dan jatuh temponya bersamaan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  6. Jika NRKB pilihan atau plat nomor cantik berpindah tangan sebelum masa berlakunya habis, maka sisa masa berlaku tersebut juga akan habis.

Pajak Plat Nomor Cantik

Selain peraturan, ada juga pajak yang harus dibayarkan untuk plat nomor cantik, sesuai dengan banyaknya digit angka dan penggunaan huruf belakang. Berikut adalah pajak plat nomor cantik yang berlaku:

  1. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 1 digit angka adalah Rp15 Juta, dan jika tanpa huruf maka akan memerlukan biaya sebesar Rp20 Juta.
  2. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 2 digit angka adalah Rp10 Juta, dan jika tanpa huruf pada bagian belakang akan memerlukan biaya sebesar Rp15 Juta.
  3. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 3 digit angka adalah Rp7,5 Juta,dan jika tanpa huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp10 Juta.
  4. Terakhir, NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 4 digit angka akan memerlukan biaya sebesar Rp5 Juta, dan jika tanpa menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya sebesar Rp7,5 Juta.

Itulah informasi mengenai harga plat nomor cantik, peraturan, dan pajak yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuat plat nomor cantik. Selain mengetahui harga dan peraturan, pastikan juga untuk memperhatikan kelayakan plat nomor cantik yang ingin Anda buat agar tidak melanggar aturan yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.