ETilang: Kemudahan Pengecekan dan Pembayaran Tilang Secara Online untuk Menghindari Blokir STNK Kendaraan

Saat berkendara di jalan raya, kita harus mematuhi berbagai peraturan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan. Namun, jika kita melanggarnya, pemerintah sekarang menerapkan sistem tilang elektronik atau ETilang. ETilang adalah tilang kendaraan yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan teknologi modern.

Untuk lebih mengenal tentang ETilang atau tilang elektronik ini, mari kita simak beberapa penjelasan penting berikut.

Daftar Pelanggaran dan Dendanya

Ada beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang bisa mengakibatkan denda tilang, di antaranya:

  1. Melanggar rambu lalu lintas atau marka jalan.
  2. Tidak menggunakan helm saat berkendara sepeda motor.
  3. Berkendara di bawah pengaruh alkohol atau narkoba.
  4. Tidak membawa surat-surat kendaraan, seperti STNK atau SIM.
  5. Menggunakan ponsel saat berkendara.
  6. Melebihi batas kecepatan yang diizinkan.

Denda tilang yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung jenis pelanggaran yangdilakukan. Besar denda tilang biasanya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah. Namun, jika denda tilang tidak dibayar dalam waktu yang ditentukan, STNK kendaraan bisa diblokir.

Prosedur Saat Ditilang

Jika kita melanggar peraturan dan dikenakan denda tilang, ada beberapa prosedur yang harus kita lalui:

  1. Polisi akan mengirimkan surat tilang kepada kita.
  2. Lakukan konfirmasi penerimaan denda tilang melalui website ETLE atau aplikasinya. Kita juga dapat mengirimkan kembali blanko ke posko ETLE. Hal ini harus dilakukan dalam waktu maksimal 5 hari setelah pemberitahuan.
  3. Kita akan menerima SMS dengan kode pembayaran melalui bank yang telah ditentukan.
  4. Lakukan pembayaran melalui bank yang telah ditentukan. Pembayaran harus dilakukan sebelum 7 hari.
  5. Jika tidak dilakukan, STNK kendaraan kita akan diblokir.

Cara Melakukan Pengecekan Tilang Online

Untuk melakukan pengecekan tilang online atau ETilang, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman browser https://etle-pmj.info/id/check-data.
  2. Masukkan plat nomor kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan nomor rangka kendaraan.
  3. Klik tombol “Cek Data”.
  4. Informasi tentang waktu, lokasi, dan jenis pelanggaran yang dilakukan akan muncul.
  5. Selanjutnya, kita harus membayar denda tilang sesuai dengan ketentuan.

Cara Bayar Tilang Online

Setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai ETilang atau tilang elektronik, sekarang saatnya kita mempelajari bagaimana cara membayar tilang secara online. Pembayaran tilang online bisa dilakukan melalui bank BRI dengan beberapa cara, seperti:

  1. Melakukan pembayaran melalui teller bank, ATM, mobile banking, internet banking, sampai EDC BRI.
  2. Jika melalui teller BRI, kita harus mengambil nomor antrian, mengisi 15 angka Nomor Pembayaran Tilang pada kolom “Nomor Rekening” beserta nominal denda tilang, dan menyerahkan slip setoran tersebut ke Teller BRI. Setelah itu, Teller BRI akan melakukan validasi dan kita harus menyimpan slip setoran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.
  3. Jika melalui beberapa pilihan lainnya seperti ATM, mobile banking,internet banking atau EDC BRI, kita harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan masing-masing cara pembayaran, seperti memasukkan nomor pembayaran tilang, nominal pembayaran, dan informasi lainnya yang diperlukan. Setelah itu, kita harus menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah.

Selain melalui Bank BRI, kita juga dapat menggunakan bank lainnya dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti saat melakukan pembayaran melalui Bank BRI.

ETilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang kendaraan yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan teknologi modern. Ada beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang bisa mengakibatkan denda tilang, dan besarnya denda tilang bervariasi tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Jika kita melanggar peraturan dan dikenakan denda tilang, ada beberapa prosedur yang harus kita lalui, seperti melakukan konfirmasi penerimaan denda tilang dan melakukan pembayaran denda tilang sesuai dengan ketentuan. Pembayaran tilang online bisa dilakukan melalui bank BRI dengan beberapa cara.

Dalam melakukan pengecekan tilang online, kita harus memasukkan plat nomor kendaraan, nomormesin kendaraan, dan nomor rangka kendaraan untuk mendapatkan informasi tentang waktu, lokasi, dan jenis pelanggaran yang dilakukan. Sedangkan dalam melakukan pembayaran tilang online, kita bisa memilih salah satu cara pembayaran yang disediakan oleh Bank BRI, seperti melalui teller bank, ATM, mobile banking, internet banking, atau EDC BRI.

Dalam melakukan pembayaran tilang, kita harus memastikan bahwa kita melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran dalam waktu yang ditentukan, jika tidak, STNK kendaraan kita bisa diblokir.

Demikian informasi lengkap tentang ETilang atau tilang elektronik, mulai dari daftar pelanggaran, prosedur, cara melakukan pengecekan tilang, hingga cara bayar tilang online. Dengan memahami informasi ini, kita bisa menghindari pelanggaran lalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku saat berkendara di jalan raya.