Cara Membuat Plat Nomor Cantik untuk Kendaraan Anda dengan Mudah dan Simpel

Ingin membuat plat nomor kendaraan Anda terlihat lebih menarik? Ikuti panduan cara membuat plat nomor cantik yang mudah dan simpel di artikel ini. Dapatkan informasi lengkap tentang proses pembuatan dan biaya yang harus dikeluarkan.

Plat nomor kendaraan menjadi identitas penting bagi setiap pemilik kendaraan. Namun, terkadang plat nomor yang biasa-biasa saja membuat kendaraan terlihat kurang menarik. Nah, jika Anda ingin membuat kendaraan terlihat lebih unik dan menarik, Anda bisa mencoba membuat plat nomor cantik. Meskipun terdengar rumit, proses pembuatan plat nomor cantik sebenarnya cukup mudah dan simpel. Di artikel ini, Kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat plat nomor cantik yang dapat Anda ikuti. Yuk, simak selengkapnya!

Kunjungi Samsat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi Samsat atau tempat kepolisian untuk menerbitkan plat nomor kendaraan atau mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) dan keperluan kendaraan lainnya.

Sebelum mengunjungi Samsat, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa dokumen seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), fotokopi KTP, KK, dan jika sudah memiliki Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor (BPKB) juga bisa dibawa atau bukti pembelian kendaraan dari dealer. Selain itu, pihak yang membuat plat ini haruslah orang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.

Isi Formulir NRKB

Setelah sampai di Samsat, pergilah ke loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Untuk membuat plat nomor cantik, Anda harus mengisi formulir NRKB terlebih dahulu.

Perlu diketahui, harga membuat plat nomor cantik dan formulirnya berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Untuk kendaraan dengan nomor umum, Anda menggunakan formulir Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), sementara untuk kendaraan plat khusus formulir yang Anda gunakan adalah NRKB.

Pemeriksaan Oleh Petugas

Selanjutnya, berikan formulir yang sudah Anda isi sebelumnya kepada petugas. Pada tahap ini, petugas akan memeriksa ketersediaan plat nomor yang Anda inginkan, apakah masih tersedia dan bisa Anda gunakan atau sudah ada orang lain yang menggunakannya.

Selain itu, pada tahap ini, Anda bisa memastikan kembali berapa harga plat nomor cantik yang nantinya akan Anda gunakan. Jika nomor cantik yang ingin Anda gunakan masih tersedia, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Bayar Biaya Plat Nomor Cantik

Langkah berikutnya adalah membayar biaya plat nomor cantik. Pergilah ke petugas atau loket pembayaran sesuai dengan arahan petugas sebelumnya. Lalu bayarlah plat nomor cantik sesuai dengan keinginan Anda dan hasil pemeriksaan ketersediaan oleh petugas sebelumnya.

Untuk harga masing-masing plat nomor cantik tentunya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Semakin sedikit angka pada plat nomor tersebut, maka harganya akan semakin mahal. Selain itu, penggunaan huruf pada bagian belakang kendaraan juga bisa Anda hilangkan. Namun, hal ini akan membutuhkan biaya tambahan.

Petugas Memasukkan Data

Setelah Anda melakukan semua langkah tersebut dan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya harga plat nomor cantik yang Anda akan gunakan, petugas akan memasukkan data-data yang mereka butuhkan.

Lalu, setelah selesai memasukkan semua data-data tersebut, maka Anda akan mendapatkan sertifikat atas kepemilikan plat nomor cantik tersebut. Pada proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama daripada beberapa langkah sebelumnya. Oleh karena itu, Anda harus bersabar menunggu.

Dengan mengikuti panduan cara membuat plat nomor cantik di atas, kendaraan Anda akan terlihat lebih menarik dan unik. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat plat nomor cantik, pastikan Anda telah memperhatikan regulasi yang berlaku dan memilih nomor yang sesuai dengan kepribadian Anda. Selamat mencoba!