Jenis-jenis Operasi Lalu Lintas yang Dilakukan oleh Polri Setiap Tahun

Polri sebagai institusi penegak hukum di Indonesia rutin melakukan berbagai jenis operasi lalu lintas untuk meningkatkan disiplin serta kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis operasi lalu lintas yang dilakukan oleh Polri setiap tahun.

Keselamatan dalam berkendara menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Polri sebagai lembaga penegak hukum di Indonesia terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Salah satu cara yang dilakukan oleh Polri adalah melalui operasi lalu lintas yang dilakukan setiap tahunnya. Operasi lalu lintas ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas serta memberikan efek jera kepada pelanggar lalu lintas. Berikut ini adalah beberapa jenis operasi lalu lintas yang dilakukan oleh Polri setiap tahunnya.

  1. Operasi Lintas

Operasi Lintas dilakukan untuk menertibkan penggunaan jalan terkait kelengkapan surat-surat kendaraan dan parkir liar, khususnya bagi kendaraan umum dan angkutan barang. Operasi ini dilaksanakan selama 2 pekan dan melibatkan tidak hanya polisi, tetapi juga Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan TNI. Para pelanggar akan langsung dikenai tindakan tilang.

  1. Operasi Zebra

Operasi Zebra dilakukan jauh-jauh hari sebelum Natal dan tahun baru. Operasi ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kekondusifan. Dalam operasi ini, razia dilakukan secara langsung dengan menghentikan kendaraanyang melintas dan mengecek kelengkapan berkendara. Namun, pada tahun ini, razia mengedepankan e-tilang. Pencegatan dilakukan di area yang belum ada kamera ETLE.

  1. Operasi Simpatik

Operasi Simpatik dilakukan selama 21 hari jelang Hari Ulang Tahun Korps Bhayangkara. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan. Para petugas lebih fokus kepada pemberian peringatan kepada pelanggar, bukan penilangan. Namun, penilangan tetap dilakukan terkait pelanggaran tertentu.

  1. Operasi Patuh

Operasi Patuh dilaksanakan selama 2 pekan menjelang bulan Ramadan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas. Pelanggaran, misalnya soal surat-surat kendaraan, bisa diganjar tilang.

  1. Operasi Ketupat

Operasi Ketupat dilakukan untuk menertibkan arus mudik. Operasi ini dilaksanakan H-7 sampai H+7 Idulfitri. Fokus dari operasi ini adalah pengamanan arus mudik dan arus balik. Polisi jarang melakukan pemeriksaan surat-suratdan penilangan, tetapi lebih kepada memberikan teguran dan edukasi. Pada tahun 2020, Operasi Ketupat dilaksanakan dengan cara yang unik, yaitu pengendara yang tak melengkapi persyaratan diminta memutar balik kendaraan dan tidak boleh melintas. Hal tersebut terkait pandemi COVID-19.

  1. Operasi Lilin

Operasi Lilin dilaksanakan setelah Operasi Zebra, bertujuan untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman menjelang Natal dan tahun baru. Operasi ini dilakukan di area pusat perbelanjaan dan tempat ibadah. Razia tidak dilakukan dalam Operasi Lilin. Fokus dari operasi ini adalah menjamin keamanan lalu lintas.

Dalam setiap operasi lalu lintas Polri, masyarakat diharapkan untuk patuh terhadap aturan dan kelengkapan berkendara. Hal ini tidak hanya untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, tetapi juga untuk menunjang keamanan dan ketertiban di jalan raya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna jalan untuk mengetahui jenis-jenis operasi lalu lintas yang dilakukan oleh kepolisian setiap tahun. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih hati-hati saat berkendara dan tidak akan terkejut saat operasi tersebut digelar.

Untuk itu, pastikan Anda selalu memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Dengan begitu, Anda dapat membantu menjaga keamanan dan ketertiban di jalan raya. Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan helm saat berkendara sepeda motor, demi keselamatan Anda sendiri.

Dalam kesempatan ini, Polri mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi bagian dari kampanye keselamatan berkendara. Ingatlah bahwa keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Mari bergandengan tangan untuk menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib di Indonesia. Demikianlah informasi mengenai jenis jenis operasi lalu lintas yang dilakukan oleh polri setiap tahun.