Ini Cara Mudah Daftar SIM Internasional dan Persyaratannya

Apakah ada rencana untuk berkendara di luar negeri? Jangan lupa untuk mempersiapkan Surat Izin Mengemudi atau SIM Internasional. Dokumen ini diperlukan untuk mengemudikan kendaraan di luar negeri menggunakan SIM yang masih berlaku di negara yang menerbitkan SIM Internasional.

SIM Internasional diakui di 92 negara yang telah mengadopsi dan meratifikasi Konvensi Wina Tahun 1968 tentang Perjanjian Konvensi Lalu Lintas Jalan. SIM Internasional diterbitkan berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lalu Lintas Jalan (Vienna Convention On Road Traffic Tahun 1968)

Di Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bertanggung jawab dalam penerbitan SIM Internasional sesuai dengan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Untuk mengajukan SIM Internasional, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

Persyaratan untuk Mengajukan SIM Internasional

  • KTP
  • Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagiWarga Negara Asing (WNA)
  • Paspor yang masih berlaku
  • SIM yang masih berlaku sesuai dengan golongan SIM Internasional yang akan diajukan.
  • Foto diri terbaru dengan ketentuan tertentu, seperti mengenakan kemeja dengan kancing, latar belakang putih, tidak menggunakan kacamata atau kontak lensa, wajah menghadap kamera, dan sebagainya.
  • Tanda tangan yang ditulis di atas kertas putih menggunakan tinta hitam.

Jika SIM Internasional akan diperpanjang, SIM Internasional yang masih berlaku juga harus disertakan.

Cara Mengajukan SIM Internasional

Proses pendaftaran SIM Internasional dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir registrasi dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka linkĀ https://siminternasional.korlantas.polri.go.id/
  2. Klik tombol “daftar”.
  3. Isi formulir registrasi secara online dan unggah dokumen seperti foto, tanda tangan, SIM, KTP, KITAP (bagi WNA), dan paspor.
  4. Pilih opsi pengambilan atau pengiriman buku SIM Internasional.
  5. Isi informasi rekening pengembalian jika data pemohon tidak sesuai, sehingga biaya pendaftaran dapat dikembalikan.
  6. Pemohon akan menerima nomor Virtual Account melalui situs web dan konfirmasi pembayaran melalui email. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera.
  7. Setelah pembayaran berhasil, pemohon akan menerima nomor registrasi melalui email sebagai bukti pendaftaran SIM Internasional.

Biaya dan Masa Berlaku SIM Internasional

Biaya pembuatan SIM Internasional baru adalah Rp. 250.000, sementara biaya perpanjangan adalah Rp. 225.000, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Polri.

Masa berlaku SIM Internasional adalah 3 tahun. Jangan lupa untuk memperpanjang SIM Internasional sebelum masa berlakunya habis agar bisa tetap digunakan saat berkendara di luar negeri.

Mengajukan SIM Internasional di Indonesia cukup mudah dan bisa dilakukan secara online melalui situs web Korlantas Polri. Pastikan untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, seperti KTP,SIM, paspor, dan foto diri terbaru. Biaya pembuatan SIM Internasional adalah Rp. 250.000 untuk yang baru dan Rp. 225.000 untuk perpanjangan. Ingatlah bahwa masa berlaku SIM Internasional adalah 3 tahun, jadi pastikan untuk memperpanjangnya sebelum masa berlakunya habis agar bisa tetap digunakan saat berkendara di luar negeri.

Dengan SIM Internasional, kamu bisa merasa lebih tenang saat berkendara di luar negeri karena sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan. Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan lalu lintas dan berkendara dengan aman saat berada di luar negeri. Dengan begitu, liburanmu akan menjadi lebih menyenangkan dan terasa lebih aman. Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk membuat SIM Internasional dengan mudah.