Cara Menghadapi Panggilan Polisi, Tips Agar Lebih Tenang dan Tidak Cemas

Menghadapi panggilan polisi, baik sebagai saksi maupun tersangka, pasti menimbulkan rasa cemas dan tidak nyaman. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips yang dicantumkan dalam artikel ini, Anda bisa lebih tenang dan nyaman saat menghadapinya.

Menerima panggilan dari polisi untuk diperiksa pasti menimbulkan rasa cemas dan tidak nyaman bagi siapa pun. Namun, menghadapi situasi ini dengan tenang dan bijak sangatlah penting untuk memastikan bahwa proses pemeriksaan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips yang bisa membantu Anda menghadapi panggilan polisi sehingga Anda bisa lebih tenang dan nyaman saat menghadapinya.

  1. Perhatikan Identitas Anda

Pertama-tama, pastikan bahwa identitas yang dipanggil benar-benar Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari salah panggil atau kebingungan saat menerima panggilan. Pastikan pula bahwa informasi lainnya seperti tanggal, waktu, dan tempat panggilan sudah jelas.

  1. Periksa Status Panggilan

Status panggilan ada dua, yaitu sebagai saksi atau tersangka. Pastikan bahwa status panggilan Anda sudah jelas sehingga Anda bisa menentukan kapasitas Anda dalam pemeriksaan tersebut.

  1. Periksa Kasus yang Menjadi Dasar Panggilan

Periksa kasus yang menjadi dasar panggilan agar Anda bisa mempersiapkan informasi yang dibutuhkan dan memperhitungkan posisi Anda dalam perkara tersebut. Anda juga bisa menghubungi penyidik untuk menanyakan gambarankasus atau koordinasi lebih lanjut jika Anda membutuhkan perubahan waktu atau hal-hal lainnya.

  1. Ketahui Siapa yang Meminta Panggilan dan Kapan

Pastikan Anda tahu kepada siapa Anda harus memenuhi panggilan, tanggal berapa, dan jam berapa. Jika penyidik menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi, Anda bisa menghubungi penyidik tersebut sekaligus menanyakan gambaran kasus atau koordinasi lebih jauh jika Anda menginginkan perubahan waktu atau hal-hal lainnya.

  1. Ajak Pendamping atau Pengacara

Anda bisa ditemani oleh kerabat atau siapapun untuk mendampingi Anda selama Anda menghadapi panggilan, terutama jika Anda merasa kurang percaya diri. Jika Anda ingin membawa pengacara, hal itu juga diperbolehkan dan bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

  1. Jangan Buru-buru Pulang Jika Penyidik Tidak Ada

Jika penyidik tidak ada saat Anda menghadiri panggilan, jangan buru-buru pulang karena nanti Anda dianggap tidak memenuhi panggilan. Sebaliknya, Anda dapat mengomplain ke atasan penyidik karena seharusnya penyidiksudah siap menerima Anda di ruangan yang telah ditentukan sebagaimana dalam surat panggilan.

  1. Koordinasikan Jika Tidak Dapat Hadir

Jika Anda tidak dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan, koordinasikan dengan penyidik untuk meminta perubahan waktu, bisa melalui telepon atau surat. Jika Anda sakit, Anda bisa mengirimkan surat keterangan sakit dari dokter ke penyidik agar penyidik tahu dan dapat memperkirakan kapan akan memanggil Anda lagi setelah Anda sembuh.

Sesuai UU, Anda diberi kesempatan untuk satu kali tidak hadir tanpa alasan. Namun, lebih dari itu, penyidik dapat menjemput Anda dengan Surat Perintah Membawa. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah berkoordinasi dengan penyidik agar tidak ada ketidaknyamanan saat menghadapi panggilan.

Menerima panggilan polisi untuk diperiksa, baik sebagai saksi maupun tersangka, adalah situasi yang tidak menyenangkan. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips yang telah dibahas dalam artikel di atas, Anda bisa menghadapi situasi ini dengan lebih tenang dan nyaman.

Demikianlah beberapa tips untuk menghadapi panggilan polisi agar Anda bisa lebih tenang dan nyaman dalam menghadapinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam situasi yang tidak nyaman seperti ini.