Tips Ampuh untuk Melewati Tes Kesehatan AKPOL

Pada artikel ini akan memberikan tips ampuh bagi calon peserta seleksi AKPOL untuk melewati tes kesehatan dengan mudah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara-cara untuk mempersiapkan kualitas kesehatan tubuh sebelum seleksi, menjaga pola makan dan minum yang sehat, menjaga kesehatan telinga dan mata, serta menjalani hidup sehat. Dengan mengikuti tips-tips di dalam artikel ini, diharapkan calon peserta seleksi AKPOL dapat melewati tes kesehatan dengan mudah dan menjadi anggota Polri yang sukses.

Jika Anda ingin menjadi anggota Polri, melewati tahap seleksi kesehatan AKPOL adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Namun, tidak semua orang bisa lulus tes kesehatan tersebut karena kualitas kesehatan yang kurang memadai. Oleh karena itu, sebagai calon peserta seleksi, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa melewati tes kesehatan AKPOL dengan mudah.

Berikut adalah beberapa tips ampuh untuk melewati tes kesehatan AKPOL:

  1. Lakukan General Check Up

Sebelum mendaftar sebagai calon peserta seleksi, sebaiknya lakukan general check up di rumah sakit polisi atau rumah sakit tentara terdekat sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sebelum pendaftaran. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan, sehingga jika terdapat kekurangan atau menderita suatu penyakit, dapat segera diatasi. Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa kualitas kesehatan Anda memadai untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

  1. Jaga Pola Makan dan Minum yang Sehat

Untukmenghadapi pemeriksaan darah laboratorium, sebaiknya calon peserta minum air putih sebanyak-banyaknya dan sering mengonsumsi jus buah, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, hindari minuman bersuplemen, minuman keras, dan obat-obatan yang tidak diperlukan minimal 4 hari sebelum jadwal pemeriksaan kesehatan. Dengan menjaga pola makan dan minum yang sehat, tekanan darah dan kondisi tubuh bisa terjaga dengan baik.

  1. Berhenti Merokok dan Hindari Minuman Berlemak

Agar paru-paru baik, calon peserta seleksi harus berhenti merokok dan sering menghirup udara segar di pagi hari. Selain itu, minum minuman bersoda dapat membantu membersihkan paru-paru sehingga terlihat bersih saat di rontgen. Namun, calon juga dapat menggantinya dengan air kelapa hijau atau air kelapa wulung. Selain itu, sebaiknya hindari makanan berlemak minimal dua minggu menjelang seleksi kesehatan.

  1. Jaga Kesehatan Telinga dan Mata

Untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya calon peserta tidak membiasakan mengorek telinga dengan cotton bud karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit dalam telinga atau bahkan merusak gendang telinga. Jika terasa gatal atau terasa ada kotoran di dalam telinga, sebaiknya pergi ke dokter THT dan minta dibersihkan. Sedangkan untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya calon peserta banyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, dan menghindari terlalu lama berada di depan layar TV atau monitor komputer.

  1. Jalani Hidup Sehat

Untuk menghadapi seleksi kesehatan AKPOL, sebaiknya calon menjalani pola hidup sehat dengan menghindari rokok, alkohol, dan narkoba. Biasakan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, minum susu rendah lemak, serta beristirahat cukup dan rutin berolahraga. Dengan menjalani pola hidup sehat, kualitas kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

  1. Lakukan Latihan dan Beristirahat dengan Baik

Anggota Polri banyak melakukan kegiatanyang membutuhkan fisik yang prima. Oleh karena itu, calon peserta seleksi harus memiliki kemampuan fisik yang bagus. Latihan fisik yang rutin dan sungguh-sungguh sajalah yang dapat menghasilkan kesamaptaan jasmani yang prima. Selain itu, calon peserta juga harus beristirahat dengan baik agar tubuh bisa pulih dan siap kembali melakukan aktivitas fisik.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk melewati tes kesehatan AKPOL. Pastikan kualitas kesehatan tubuh Anda memadai dan menjalani pola hidup yang sehat. Demikianlah informasi mengenai kiat kiat yang bisa anda terapkan untuk lolos tes kesehatan AKPOL. Semoga berhasil melewati seleksi kesehatan AKPOL dan menjadi anggota Polri yang sukses!