Tes Kesehatan Pertama: Persiapan dan Hal-hal yang Membuat Anda Gagal

Setelah melalui seleksi berkas, para calon Tamtama, Brigadir, Akpol, dan SIPSS akan menghadapi tes selanjutnya, yaitu tes Kesehatan Pertama yang meliputi pemeriksaan bagian luar tubuh. Tes Kesehatan Pertama ini biasanya dapat dilihat secara kasat mata, sehingga Anda dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda sebelum tes dilaksanakan. Namun, ada beberapa penyakit yang membutuhkan tindakan medis agar dapat disembuhkan. Dalam tes Kesehatan Polri, nilai kesehatan dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu baik, cukup, kurang (K1), dan kurang sekali (K2).

Bagi Anda yang ingin lolos dalam tes Kesehatan Pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki penyakit atau nilai kesehatan yang masuk dalam kategori Stakes 3 dan Stakes 4, maka Anda akan dinyatakan gagal. Jika Anda memiliki nilai dengan kategori Stakes 2, maka nilai Anda akan dikurangi dari jumlah Stakes 2 yang Anda miliki. Sebagai contoh,jika Anda memiliki nilai 80 atau nilai terbesar, artinya Anda memiliki nilai yang sempurna dan semua kategori masuk dalam ring Stakes 1. Namun, jika Anda memiliki nilai 78, artinya Anda memiliki hanya satu kelainan kategori Stakes 2, dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki penyakit atau kategori Stakes 3 dan 4, sebaiknya segera memperbaikinya agar tidak gagal dalam tes.

Hal-hal yang Membuat Anda Gagal dalam Tes Kesehatan Pertama

Bagian Kepala
Bagian kepala merupakan bagian yang paling penting untuk diperhatikan dalam tes Kesehatan Pertama. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Tidak boleh ada riwayat atau bekas luka operasi
  • Kesempurnaan bentuk kepala Oval tidak boleh gepeng atau benjol-benjol
  • Bagian mata harus sehat, tidak boleh mata rabun jauh atau dekat lebih dari 0,5, mata katarak, dan mata pterigium
  • Bagian telinga tidak boleh gendang telinga robek atau peradangan, dan daun telinga lebar sebelah
  • Bagian hidung tidak boleh patah tulang
  • Bagian gigi tidak boleh berlubang atau kotor rusak, gigi daerah senyum ompong, gigi ompong lebih dari 3, gigi tonggos terlihat, dan kulit wajah tidak boleh hitam bercak-berecak.

Bagian Badan
Selain bagian kepala, bagian badan juga perlu diperhatikan. Beberapa hal yang perlu dihindari adalah:

  • Tangan dengan jari leher angsa, kelainan boutonniere, dopuytren, dan telapak tangan yang berkeringat
  • Tulang punggung tidak boleh memiliki kondisi Lordosis, Kifosis, Skoliosis, dan tidak boleh ada Ambeyen, varikokel, serta Hernia Scrotalis
  • Jumlah testis tidak sama dengan 2
  • Alat reproduksi harus sehat dari berbagai penyakit, baik jamur atau sebagainya.

Bagian Kaki
Bagian kaki juga perlu diperhatikan. Beberapa hal yang perlu dihindari adalah:

  • Kaki X atau kaki O yang tidak normal
  • Telapak kaki flat atau datar yang biasanya dikenal dengan kaki bebek
  • Telapak kaki kaku Pes kavus yang berupa lengkungan (arch) lebih tinggi dari kaki normal, dan sering kali jari kaki berbentuk cakar
  • Kaki varises.

Tes Kesehatan Pertama adalah tes yang sangat penting untuk dijalani oleh para calon Tamtama, Brigadir, Akpol, dan SIPSS. Tes ini meliputi pemeriksaan bagian luar tubuh dan dapat dilihat dengan bantuan rekan Anda. Jika Anda ingin lolos dalam tes ini, maka perhatikan hal-hal yang dapat membuat Anda gagal, terutama pada bagian kepala, badan, dan kaki. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dengan melakukan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Jika Anda memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, segeralah konsultasikan dengan dokter agar dapat disembuhkan sebelum tes dilaksanakan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tes Kesehatan Pertama.