Hal-Hal yang Perlu Diketahui untuk Lolos Tes Kesehatan AKPOL

Tes kesehatan AKPOL adalah salah satu syarat penting bagi calon taruna/taruni yang ingin masuk ke Akademi Kepolisian (AKPOL). Tes kesehatan ini sangatlah penting karena bisa menentukan kelulusan atau kegagalan seseorang dalam seleksi penerimaan AKPOL. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon taruna/taruni untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadapi tes kesehatan AKPOL.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL:

  1. Periksakan Kondisi Kesehatan Anda Terlebih Dahulu
    Sebelum menghadapi tes kesehatan AKPOL, sebaiknya calon taruna/taruni melakukan general check-up terlebih dahulu. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri dan melakukan perbaikan jika ada gangguan kesehatan yang masih bisa diperbaiki.
  2. Tekanan Darah, Detak Jantung, dan Hemoglobin
    Ada beberapa kategori kesehatan yang sering menggagalkan calon taruna/taruni dalam tes kesehatan AKPOL, diantaranya adalah tekanan darah yang tidak normal (idealnya 120/80), jantung yang tidak normal, kelainan aritmia jantung (idealnya 60-90 detak per menit), dan hemoglobin darah yang tidak normal (idealnya 14-16 per gram). Oleh karena itu, penting bagi calon taruna/taruni untuk menjaga tekanan darah, detak jantung, dan kadar hemoglobin dalam batas normal agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL.
  3. Penyakit Menular dan Narkoba
    Calon taruna/taruni yang menderita penyakit menular seperti HIV atau AIDS, serta yang menggunakan narkoba, akan langsung dinyatakan gugur dalam tes kesehatan AKPOL. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon taruna/taruni untuk menjaga kesehatan dan menghindari penggunaan narkoba.
  4. Fisik dan Mental
    Calon taruna/taruni yang memiliki cacat fisik, bekas luka operasi di kepala, atau kelainan tulang punggung, serta yang mengalami gangguan pendengaran atau kejiwaan, akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk lolos tes kesehatan AKPOL. Selain itu, calon taruna/taruni yang memiliki bentuk kepala atau mata yang tidak normal, serta gigi yang kotor, rusak, berlubang, atau tonggos, juga akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk lolos tes kesehatan AKPOL. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon taruna/taruni untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL.
  5. Alat Reproduksi
    Pada pria, jumlah testis yang tidak sama dengan dua, akan membuat calon taruna/taruni dinyatakan tidak lolos tes kesehatan AKPOL. Sedangkan pada wanita, kehamilan akan membuat calon taruna/taruni tidak lolos tes kesehatan AKPOL. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon taruna/taruni untuk menjaga kesehatan alat reproduksi mereka agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL.
  6. Lain-lain
    Selain hal-hal di atas, ada juga beberapa hal lain yang bisa menggagalkan calon taruna/taruni dalam tes kesehatan AKPOL, seperti kolesterol dan asam urat yang tinggi, mata juling, buta warna, dan ada lebih dari dua masalah pada gigi dan mulut. Oleh karena itu, calon taruna/taruni perlu memperhatikan hal-hal tersebut dan menjaga kesehatan secara keseluruhan agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL.

Tes kesehatan AKPOL adalah salah satu syarat penting bagi calon taruna/taruni yang ingin masuk ke AKPOL. Untuk bisa lolos tes kesehatan, calon taruna/taruni perlu mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain tekanan darah, detak jantung, hemoglobin, penyakit menular, narkoba, fisik dan mental, alat reproduksi, serta hal-hal lain yang bisa menggagalkan dalam tes kesehatan AKPOL. Oleh karena itu, calon taruna/taruni harus memperhatikan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan agar bisa lolos tes kesehatan AKPOL dan memenuhi syarat untuk masuk ke AKPOL.