Mengenal Tamtama Polri: Tugas dan Jenjang Karir Yang Perlu Kamu Ketahui

Artikel ini membahas mengenai Tamtama Polri, golongan pangkat kepolisian paling rendah namun memiliki tugas penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kamu juga akan mengetahui jenjang karir, syarat penerimaan, dan besaran gaji Tamtama Polri. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih detail mengenai Tamtama Polri.

 

Tamtama Polri merupakan golongan pangkat kepolisian yang paling rendah atau setingkat di bawah Bintara. Namun, jangan salah, tugas yang diemban oleh Tamtama Polri sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dengan Polri dan menjadi Tamtama Polri, simak ulasan berikut untuk mengetahui tugas dan jenjang karirnya.

 

Tugas Tamtama Polri

 

Tamtama Polri bertugas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Mereka biasanya ditempatkan di satuan Brimob yang lebih sering terjun langsung ke lapangan. Oleh karena itu, aspek kesamaptaan jasmani menjadi hal yang sangat penting dalam rekrutmen Tamtama Polri. Kamu harus memiliki kondisi fisik yang prima, karena tugas yang dijalankan membutuhkan tenaga dan kekuatan yang cukup.

Jenjang Karir Tamtama Polri

Jenjang karir Tamtama Polri terdiri atas enam tingkatan pangkat, yaitu Ajun Brigadir Polisi (Abrip), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan Bhayangkara Dua (Bharada). Setelah lulus pendidikan Tamtama Polri, kamu akan langsung menyandang pangkat Bharada.

Namun, jangan khawatir jika kamu ingin naik pangkat. Kenaikan pangkat pada Tamtama Polri dapat dilakukan melalui jalur reguler, pengabdian, luar biasa, atau luar biasa anumerta. Setiap jalur kenaikan pangkat juga memiliki kurun waktu yang berbeda-beda. Namun, perlu diingat bahwa naik pangkat hingga tingkat Bintara atau Perwira membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Gaji Tamtama Polri

 

Setelah selesai melaksanakan pendidikan pertama, Tamtama Polri akan mendapatkan pangkat Bharada atau Bhayangkara Dua. Besaran gaji yang diterima berkisar antara Rp 1.643.500-Rp 2.538.100. Kenaikan pangkat juga berdampak pada kenaikan gaji yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus terusberusaha dan memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas sebagai Tamtama Polri.

 

Syarat Penerimaan Tamtama Polri

 

Bagi kamu yang berminat untuk menjadi Tamtama Polri, terdapat syarat khusus yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah aspek kesamaptaan jasmani yang sangat diperhatikan dalam proses penerimaan calon Tamtama Polri. Selain itu, terdapat juga jalur penerimaan khusus untuk Tamtama Polri yang hanya dibuka untuk pria saja.

Kamu juga dapat bergabung dengan Polri melalui jalur penerimaan lain seperti jalur Perwira atau Bintara. Namun, setiap jalur memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan memilih jalur yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

 

Tamtama Polri merupakan golongan pangkat kepolisian yang paling rendah namun memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jenjang karir Tamtama Polri terdiri atas enam tingkatan pangkat yang dapat dicapai melalui jalur kenaikan pangkat yang berbeda-beda. Kamujuga dapat bergabung dengan Polri melalui jalur penerimaan lain seperti jalur Perwira atau Bintara. Namun, terdapat syarat khusus yang harus dipenuhi seperti aspek kesamaptaan jasmani yang sangat diperhatikan dalam proses penerimaan calon Tamtama Polri.

 

Jadi, jika kamu tertarik untuk bergabung dengan Polri dan menjadi Tamtama Polri, pastikan kamu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan mempersiapkan diri dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengetahui lebih detail mengenai Tamtama Polri.