Cara Mudah Membuat SKCK Online untuk Daftar Polri

Jika kamu bercita-cita untuk menjadi anggota kepolisian, kamu harus mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Salah satu persyaratan penting yang harus kamu miliki adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). SKCK merupakan dokumen penting yang akan menunjukkan rekam jejak kepolisian kamu dan menjadi salah satu syarat administrasi untuk mendaftar ke Polri. SKCK harus asli dan dikeluarkan oleh Polres setempat, serta fotokopi yang dilegalisir oleh Polres yang menerbitkan. SKCK tidak dapat diganti dengan berkas lain, jadi penting bagi kamu untuk mengurus pembuatannya terlebih dahulu di Polres setempat.

Namun, saat ini proses pembuatan SKCK sudah semakin mudah karena sudah bisa dilakukan secara online. Berikut adalah cara membuat SKCK secara online untuk keperluan pendaftaran Polri.

  1. Download aplikasi SUPERAPPS PRESISI POLRI melalui Play Store dan App Store. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi tersebut.
  2. Registrasi SKCK online dengan Masuk/Daftar Baru akun. Isi data diri secara lengkap dan benar, termasuk nomor KTP dan email aktif.
  3. Pilih menu “SKCK” lalu klik opsi “Ajukan SKCK”. Selanjutnya, kamu perlu mengunggah dokumen persyaratan pembuatan SKCK, seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, akta lahir atau surat kenal lahir, dokumen sidik jari, dan pas foto berwarna 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah berpakaian sopan dan berkerah. Pastikan dokumen yang kamu unggah dalam format yang sesuai dan ukuran file tidak melebihi batas yang ditentukan.
  4. Isi formulir pendaftaran SKCK dengan lengkap dan benar. Pastikan kamu mengisi kolom keperluan atau tujuan pembuatan SKCK dengan sejelas mungkin. Hal ini penting karena penulisan tujuan pembuatan SKCK harus jelas agar SKCK dapat diterima sebagai berkas administrasi pendaftaran Polri. Contohnya, jika kamu ingin mendaftar Bintara Polri maka diisi dengan “Mendaftar Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023”.
  5. Lakukan pembayaran pembuatan SKCK. Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen yang diperlukan, kamu perlu melakukan pembayaran sesuai dengan tarifyang berlaku. Pastikan kamu melakukan pembayaran dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  6. Cetak tanda bukti berupa barcode untuk mengambil SKCK fisik. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima tanda bukti berupa barcode yang akan digunakan untuk pengambilan SKCK fisik di loket pelayanan SKCK di Polres.
  7. Kunjungi Loket Pelayanan SKCK di Polres dengan membawa barcode dan persyaratan dokumen untuk pengambilan SKCK fisik. Pastikan kamu membawa barcode dan dokumen persyaratan yang diperlukan saat mengambil SKCK fisik.

Namun, sebelum kamu melakukan proses pembuatan SKCK, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kamu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan baik. Pastikan dokumen yang kamu unggah dalam format yang sesuai dan ukuran file tidak melebihi batas yang ditentukan. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen sidik jari dan pas foto berwarna 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah berpakaian sopan dan berkerah.

Kedua, kamu juga perlu memperhatikan masa berlaku SKCK. Pastikan saat mendaftar Polri SKCK kamu masih dalam kondisi aktif. Umumnya, SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 bulan sejak tanggal diterbitkan, keterangan masa berlaku juga bisa dilihat pada SKCK. Jadi, pastikan kamu mengurus pembuatan SKCK sesuai dengan jadwal pendaftaran Polri.

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tahapan seleksi Polri. Tahapan seleksi Polri terdiri dari tes tertulis, tes fisik, tes kesehatan, dan wawancara. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti setiap tahapan tes tersebut. Kamu bisa mempelajari materi tes tertulis dan fisik, serta mempersiapkan kondisi fisik yang prima sebelum mengikuti tes tersebut. Selain itu, pastikan kamu juga mempersiapkan mental dan pengetahuan yang cukup untuk menghadapi wawancara.