Apa itu Stakes 1, 2, 3, dan 4 dalam Pemeriksaan Kesehatan Polri?

Jika kamu akan mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Polri, ada baiknya kamu mengetahui apa itu Stakes 1, 2, 3, dan 4. Dalam pemeriksaan kesehatan Polri, sistem penilaian yang digunakan adalah kualitatif, atau dengan menggunakan sistem gugur.

 

Jika kamu dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), artinya kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Sebaliknya, jika kamu dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka kamu akan otomatis gugur.

Status MS dan TMS ditentukan berdasarkan akumulasi nilai dari seluruh aspek kesehatan yang diperiksa. Salah satu alat ukur penilaian pada Pemeriksaan Kesehatan Polri adalah Stakes. Meskipun bagi masyarakat awam, istilah Stakes masih terbilang asing.

Apa itu Stakes di Tes Kesehatan Polri?

 Stakes adalah singkatan dari Status Kesehatan. Stakes menggambarkan tingkatan kondisi kesehatan calon anggota Polri pada saat dilakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes). Status Kesehatan terdiri dari 4 tingkatan, yaitu Stakes 1, 2, 3, dan 4.

 

Mari kita bahas masing-masing tingkatan Stakes 1, 2, 3, dan 4 berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2016 tentang Rikkes.

Stakes 1
Stakes 1 adalah kondisi kesehatan yang tidak memiliki kelainan atau penyakit sama sekali. Atau jika ada kelainan, kelainan tersebut sangat ringan atau tidak berarti. Sehingga memenuhi persyaratan medis untuk menjadi calon anggota Polri. Beberapa kondisi kesehatan yang termasuk ke dalam tingkatan Stakes 1 diantaranya berat badan tergolong ideal, kebersihan mulut baik, karang gigi sedikit (2 regio), dan lain sebagainya.

Stakes 2
Stakes 2 adalah kondisi kesehatan yang memiliki kelainan atau penyakit derajat ringan yang tidak mengganggu fungsi tubuh. Sehingga masih memenuhi persyaratan medis untuk menjadi calon anggota Polri. Beberapa kondisi kesehatan yang termasuk ke dalam tingkatan Stakes 2 diantaranya komedo di wajah, sedikit bekas luka, sedikit bekas jerawat, gigi abrasi ringan-sedang, dan lain sebagainya.

Stakes 3
Stakes 3 adalah kondisi kesehatan yang memiliki kelainan atau penyakit derajat sedang yang tidak mengganggu fungsi tubuh. Meskipun memiliki kelainan atau penyakit, masih memenuhi persyaratan medis untuk menjadi calon anggota Polri. Beberapa kondisi kesehatan yang termasuk ke dalam tingkatan Stakes 3 diantaranya memiliki tanda lahir berdiameter 3-5 cm di wajah, memiliki bekas jerawat dengan jumlah sedang di wajah, tindik/bekas tindik yang tertutup, memiliki banyak karang gigi (4 regio), dan lain sebagainya.

Stakes 4
Stakes 4 adalah kondisi kesehatan yang memiliki kelainan atau penyakit derajat berat yang akan mengganggu fungsi tubuh. Oleh karena itu, tidak memenuhi persyaratan medis untuk diterima/bertugas sebagai calon anggota Polri. Beberapa kondisi kesehatan yang termasuk ke dalam tingkatan Stakes 4 diantaranya gigi impaksi, diabetes melitus, skoliosis berat, polip nasi tunggal/multipel, dan lain sebagainya.

Dalam Pemeriksaan Kesehatan Polri, penilaian Stakes 1, 2, 3, dan 4 sangat penting untuk diketahui oleh calon anggota Polri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan setiap aspek kesehatan yang diperiksa.

 

Selain itu, jika kamu ingin lolos dalam Pemeriksaan Kesehatan Polri, pastikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, menjaga berat badan ideal, dan selalu melakukan olahraga secara teratur. Selalu periksa kesehatan secara rutin dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu memiliki keluhan kesehatan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Stakes 1, 2, 3, dan 4 dalam Pemeriksaan Kesehatan Polri yang penting untuk diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang akan mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Polri.