Kenali Rambu Papan Tambahan dan Nomor Rute untuk Berkendara yang Lebih Aman dan Nyaman

Saat berkendara di jalan raya, kita harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitar kita. Rambu lalu lintas memiliki peran penting dalam mengatur lalu lintas dan memberikan informasi yang diperlukan kepada pengemudi. Selain rambu utama, ada juga rambu tambahan yang perlu kita ketahui, seperti papan tambahan dan nomor rute.

Papan Tambahan

Papan tambahan adalah kelompok rambu lalu lintas yang digunakan untuk menyatakan kondisi tertentu yang berlaku pada saat-saat atau jarak tertentu. Papan tambahan juga memberikan informasi tentang jenis kendaraan yang boleh melintas di jalan tertentu. Papan tambahan digunakan untuk melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada situasi tertentu, seperti kecelakaan lalu lintas.

Papan tambahan dipasang sekitar 5-10 cm dari sisi bawah rambu dengan lebar papan tidak melebihi rambu. Papan tambahan harus menggunakan warna dasar putih dengan bingkai dan tulisan berwarna hitam. Isi informasi dalam papan tambahan harus berkaitan dengan rambu dan pesannya harus singkat dan mudah dipahami oleh seluruh pengguna jalan.

Berikut adalah beberapa contoh papan tambahan yang sering digunakan dan artinya:

  1. Papan Jenis Kendaraan
    Papan jenis kendaraan memuat informasi tentang jenis kendaraan yang boleh melintas di jalan tersebut. Misalnya, papan “Khusus Bus” menunjukkan bahwa jalan tersebut hanya diperuntukkan bagi bus.
  2. Papan Berlakunya Rambu
    Papan berlakunya rambu memuat informasi terkait seberapa jauh jarak berlakunya rambu. Misalnya, jika pada papan terdapat gambar panah ke kanan dengan keterangan 10 meter, maka rambu yang bersangkutan berlaku di sepanjang 10 meter bagian kanan rambu.
  3. Papan Durasi Berlakunya Rambu
    Papan durasi berlakunya rambu memuat informasi mengenai durasi berlakunya rambu. Misalnya, papan “06.00 – 09.00” memiliki arti bahwa rambu tersebut berlaku mulai pukul 06.00 hingga 09.00. Di luar jam tersebut, rambu tidak berlaku lagi.
  4. Papan Peringatan
    Papan peringatan memuat informasi peringatan yang berkaitan dengan rambu. Misalnya, papan “licin di waktu hujan” memperjelas rambu “awas jalanan licin”.

Rambu Nomor Rute

Rambu nomor rute menunjukkan kode rute dari jalan yang sedang kita lalui. Rambu nomor rute terdiri dari rambu rute provinsi dan rambu rute nasional.

  1. Rambu Rute Provinsi
    Rambu rute provinsi berbentuk segi enam dengan garis merah di bagian atas yang dilengkapi tulisan “provinsi” berwarna putih. Misalnya, rambu “provinsi 36” menunjukkan Anda sedang melintas di rute provinsi nomor 36.
  2. Rambu Rute Nasional
    Rambu rute nasional berbentuk segi enam dengan garis biru di bagian atas yang dilengkapi tulisan “nasional” berwarna putih. Misalnya, rambu “nasional 22” menunjukkan Anda sedang melintas di rute nasional nomor 22.

Dengan memahami tiap-tiap rambu lalu lintas, baik dari lambang atau tulisan berwarna di dalamnya, kita telah menjadi pengguna jalan yang tertib. Kita juga sudah membantu menjaga keamanan serta kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Rambu lalu lintas ini penting untuk kita perhatikan dan patuhi, supaya kita aman dan nyaman selama berkendara. Selalu perhatikan dengan saksama setiap rambu lalu lintas yang kita temui selama berkendara. Berikut adalah beberapa tips agar kita dapat mematuhi rambu lalu lintas dengan baik:

  1. Kenali jenis-jenis rambu lalu lintas dan artinya, termasuk papan tambahan dan nomor rute.
  2. Perhatikan kondisi sekitar dan sesuaikan kecepatan kendaraan kita dengan rambu lalu lintas yang ada.
  3. Jangan mengabaikan rambu lalu lintas yang ada, seperti rambu larangan parkir atau rambu batas kecepatan.
  4. Selalu patuhi rambu lalu lintas, meskipun terkadang terlihat kurang relevan atau mengganggu perjalanan kita.
  5. Jangan melanggar rambu lalu lintas, karena selain membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Dengan mematuhi rambu lalu lintas, kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan mengurangi kemacetan, sehingga perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman. Sebagai pengguna jalan yang baik, kita harus memahami dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kondisi sekitar dan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, kita dapat membantu menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya.