Ini Dia Batas Kecepatan di Jalan Tol yang Perlu Kamu Ketahui!

Jalan tol, atau yang sering juga disebut sebagai jalan bebas hambatan, memang menjadi pilihan banyak orang ketika ingin bepergian jauh dengan mobil. Namun, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi saat berada di jalan tol, salah satunya adalah batas kecepatan.

Mengapa batas kecepatan di jalan tol begitu penting? Karena aturan ini berkaitan langsung dengan keselamatan dan keamanan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. Nah, untuk itu, simak informasi lengkap mengenai batas kecepatan di jalan tol berikut ini.

Batas Kecepatan di Tol Dalam Kota dan Tol Luar Kota

Batas kecepatan di jalan tol dibagi menjadi dua kategori, yaitu tol dalam kota dan tol luar kota. Perbedaan kategori ini dilihat dari kondisi jalan yang berbeda di dalam dan luar kota.

Untuk jalan tol dalam kota, batas kecepatan minimal yang diperbolehkan adalah 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang lebih ramai dan tidak adanya open space.

Sementara itu, untuk jalan tol luar kota, batas kecepatan minimal yang diperbolehkan sama dengan tol dalam kota, yaitu 60 km/jam. Namun, batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan lebih tinggi, yaitu 100 km/jam. Beberapa ruas jalan tol luar kota mungkin memiliki perbedaan batas kecepatan karena topografi jalan yang beragam.

Denda Melanggar Batas Kecepatan di Jalan Tol

Melanggar batas kecepatan di jalan tol dapat berakibat buruk pada keselamatan dan keamanan pengemudi dan penumpang kendaraan, serta pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, pemerintah telah menetapkan denda bagi pemilik kendaraan yang melanggar batas kecepatan di jalan tol.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pemilik kendaraan yang terbukti melanggar batas kecepatan di jalan tol akan dikenakan denda sebesar Rp500 ribu atau kurungan selama dua bulan.

Sistem tilang yang dilakukan juga sudah menggunakan teknologi ETLE (Electronic Law Enforcement) atau tilang elektronik. Pihak kepolisian sudah memasang speed camera pada sejumlah titik jalan tol untuk memantau kecepatan kendaraan. Jika terbukti melanggar, pemilik kendaraan akan menerima bukti dan surat tilang yang dikirimkan oleh pihak kepolisian.

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Selain memperhatikan batas kecepatan, ada beberapa tips aman berkendara di jalan tol yang dapat kamu lakukan:

  1. Perhatikan batas kecepatan minimal dan maksimal yang diperbolehkan di jalan tol.
  2. Gunakan jalur kanan hanya untuk mendahului kendaraan lain. Jangan menggunakan jalur kanan dengan kecepatan rendah.
  3. Gunakan lampu sein saat berpindah jalur agar pengemudi di belakang kamu mengetahui dan tidak kaget. Pastikan kamu memberikan jarak aman dengan kendaraan di belakang.
  4. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan kecelakaan jika terjadi pengereman mendadak.
  5. Hindari mengerem mendadak di jalan tol karena dapat menyebabkan kecelakaan beruntun.

Keselamatan dan keamanan saat berkendara di jalan tol sangatlah penting. Salah satu aturan yang perlu diperhatikan adalah batas kecepatan. Melanggar batas kecepatan di jalan tol dapat berakibat buruk pada keselamatan dan keamanan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mematuhi batas kecepatan yang telah ditetapkan dan selalu mengikuti tips aman berkendara di jalan tol. Dengan demikian, kita bisa menikmati perjalanan yang nyaman, aman, dan terhindar dari kecelakaan. Mari berkendara dengan hati-hati dan bijak!