Ini Dia 15 Unit Kepolisian di Indonesia yang Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Artikel ini membahas tentang 15 macam unit yang terdapat di dalam lembaga kepolisian di Indonesia, yang terbagi menjadi unit khusus dan unit umum. Dalam artikel ini, pembaca akan memahami tugas dan tanggung jawab dari setiap unit untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Indonesia memiliki lembaga kepolisian yang bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam lembaga kepolisian, terdapat banyak unit yang beroperasi dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Pembagian unit ini bertujuan agar para anggota polisi dapat lebih fokus dan maksimal dalam menjalankan tugas masing-masing. Ada 15 macam unit di dalam lembaga kepolisian Indonesia, yang terbagi menjadi unit khusus dan unit umum. Unit-unit tersebut memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang setiap unit yang ada di dalam lembaga kepolisian Indonesia dan tugas serta tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap anggota.

Lembaga kepolisian di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Di dalam lembaga kepolisian, terdapat 15 macam unit yang beroperasi, yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu unit khusus dan unit umum. Setiap unit memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Unit Khusus

Unit khusus terdiri dari Brimob, Gegana, dan Densus 88. Brimob merupakan satuan operasi khusus yang taktis dan pramilitar. Tugas utama mereka adalah menangani gangguan masyarakat tingkat tinggi, seperti kerusuhan massal dan kejahatan senjata api. Mereka juga terlibat dalam operasi keamanan nasional dan penanganan bencana alam.

Selain Brimob, terdapat juga unit Gegana yang merupakan bagian cabang khusus dari unit Brimob. Gegana memiliki kemampuan khusus dalam lima bidang, antara lain intelijen dan penanganan bahan peledak. Mereka bertugas untuk menangani ancaman keamanan yang berkaitan dengan bahan peledak atau pun ancaman terorisme.

Unit khusus lainnya adalah Densus 88. Unit ini didanai oleh pemerintah Amerika dan dilatih oleh CIA, FBI, dan US Secret Service. Tugas utama mereka adalah sebagai penyelidik dan ahli bahan peledak dalam menangani tindak terorisme. Sejak dibentuk pada tahun 2003, Densus 88 telah berhasil mengungkap banyak kasus terorisme di Indonesia.

Unit Umum

Selain itu, ada juga unit umum yang terdiri dari 12 jenis, yaitu SPKT, Sat-Intelkam, Sat-Reskrim, Sat-Resnarkoba, Sat-Binmas, Sat-Sabhara, Sat-Lantas, Sat-Pamobvit, Sat-Polair, Sat-Tahti, Si-Tipol, dan Si-Propam. Unit-unit tersebut bertugas dalam berbagai bidang, seperti memberikan pelayanan kepada masyarakat, melakukan penyidikan tindak pidana, dan menjaga ketertiban umum dan keamanan suatu wilayah.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP) juga turut berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satpol PP bertugas untuk menegakkan peraturan daerah di tingkat kabupaten/kota, di antaranya adalah menjaga ketertiban umum, mengemban tugas dan wewenang pengawasan, dan melakukan pemeriksaan terhadap pelaku pelanggaran hukum.

Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, lembaga kepolisian dan satuan lainnya di Indonesia memiliki peran yang sangat penting. Dengan adanya pembagian unit yang terpisah, para anggota polisi dapat lebih fokus dalam menjalankan tugas masing-masing. Semua unit, baik itu unit khusus maupun unit umum, memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, para anggota kepolisian dan satuan lainnya harus selalu menjunjung tinggi profesionalisme, integritas, dan kejujuran. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca untuk lebih memahami unit-unit kepolisian dan satuan lainnya di Indonesia dan menghargai peran penting yang mereka jalankan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca untuk lebih memahami unit-unit kepolisian dan satuan lainnya di Indonesia.