Tips Agar Lolos Tes Kesamaptaan Polri Tahap 1 atau Lari Keliling Lapangan 12 Menit

Ingin lulus tes kesamaptaan lari seleksi Polri? Baca artikel ini untuk mendapatkan tips dan trik dalam meningkatkan kecepatan dan daya tahan tubuh Anda dalam lari mengelilingi lapangan selama 12 menit.


Tes kesamaptaan lari selama 12 menit menjadi salah satu tes yang harus dilakukan dalam seleksi Polri. Tes ini bertujuan untuk menguji kecepatan dan daya tahan tubuh calon pelamar. Tes kesamaptaan lari ini tentunya memerlukan persiapan yang matang agar Anda bisa lolos dalam seleksi. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tips dan trik dalam meningkatkan kecepatan dan daya tahan tubuh Anda dalam lari mengelilingi lapangan selama 12 menit.

  1. Lakukan latihan kardiovaskular secara teratur
    Latihan kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, atau berenang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kecepatan lari Anda. Lakukan latihan ini secara teratur minimal 3-4 kali seminggu selama minimal 30 menit.
  2. Lakukan latihan interval training
    Latihan interval training melibatkan lari dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit, diikuti dengan periode istirahat singkat, dan kemudian diulangi. Latihan ini akan membantu meningkatkan kecepatan dan daya tahan dalam lari.
  3. Lakukan latihan kekuatan tubuh bagian bawah
    Latihan kekuatan tubuh bagian bawah seperti squats, lunges, dan calf raises akan membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan kaki Anda, yang sangat penting dalam tes lari selama 12 menit.
  4. Makan makanan yang sehat dan seimbang serta cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda
    Makan makanan yang sehat dan seimbang seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral akan membantu meningkatkan kinerja tubuh Anda. Jangan lupa untuk minum cukup air agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik.
  5. Istirahat yang cukup sebelum tes
    Pastikan Anda tidur cukup dan hindari kelelahan fisik sebelum tes. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh Anda memulihkan diri dan siap untuk menghadapi tes yang menantang.
  6. Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk lari
    Sepatu yang nyaman dan sesuai untuk lari akan membantu mencegah cedera dan meningkatkan kinerja Anda saat berlari.
  7. Jalankan tes lari pada kecepatan yang konsisten
    Jangan terlalu cepat di awal. Anda harus bisa menyelesaikan tes dengan kecepatan yang stabil dan bisa menyelesaikan 24 lap dalam waktu 12 menit.
  8. Bernafas secara teratur dan dalam saat berlari
    Bernafas secara teratur dan dalam saat berlari akan membantu mempertahankan tingkat oksigen dalam tubuh Anda dan meminimalkan kelelahan.

Tes kesamaptaan lari selama 12 menit menjadi salah satu tes yang harus dilakukan dalam seleksi Polri. Persiapan yang matang diperlukan agar Anda bisa lolos dalam seleksi. Lakukan latihan kardiovaskular secara teratur, latihan interval training, latihan kekuatan tubuh bagian bawah, makan makanan yang sehat dan seimbang, istirahat yang cukup, gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk lari, jalankan tes lari pada kecepatan yang konsisten, dan bernafas secara teratur dan dalam saat berlari.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan disiplin dalam latihan, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos dalam tes kesamaptaan lari selama 12 menit dalam seleksi Polri. Ingatlah bahwa latihan dan persiapan yang terus-menerus akan membantu meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh Anda tidak hanya dalam tes ini, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah informasi mengenai tips agar lolos tes kesamaptaan tahap 1 pada seleksi polri  yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.