Materi Seleksi Tes Kepolisian Akpol 2023 yang Perlu Kamu Pahami

Pendaftaran untuk menjadi anggota Polri atau Polisi pada jalur Akpol pada tahun 2023 sudah dibuka sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun, menjadi anggota polisi tidaklah mudah. Salah satu tahapannya adalah ujian seleksi yang harus diikuti dan lulus terlebih dahulu.

Visi Polri adalah “Terwujudnya pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat yang prima, tegaknya hukum dan keamanan dalam negeri yang mantap serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif.” Untuk mencapai visi tersebut, Polri akan menyaring calon anggota baru dari yang terbaik.

Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi menjadi anggota Polri pada tahun 2023, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memahami Materi Seleksi Tes Kepolisian Akpol.

Materi Seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) 2023

Tahapan seleksi tes Akademi Kepolisian (Akpol) melalui 2 tahapan, yaitu seleksi tingkat daerah dan seleksi tingkat pusat. Anda harus lulus terlebih dahulu pada tahapan seleksi tingkat daerah masing-masing dan dilanjutkan untuk tahapan seleksi tingkat pusat.

Berikut adalah materi seleksi pada kedua tahapan seleksi:

Tahapan Seleksi Tingkat Daerah

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaan Kesehatan tahap I (penilaian secara kualitatif)
  3. Pemeriksaan Psikologi tahap I secara Computer Asissted Test (CAT) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif. Anda memenuhi syarat (MS) apabila nilai akhir minimal 61.
  4. Uji Akademik menggunakan Computer Asissted Test (CAT) yaitu:
    1. Pengetahuan Umum (termasuk Undang-Undang Kepolisian)
    1. Bahasa Indonesia
    1. Matematika
    1. Wawacan Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan Kewarganegaraan)
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (penilaian secara kualitatif)
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, dan Pemeriksaan Anthropometri (penilaian secara kualitatif). Anda memenuhi syarat (MS) apabila nilai batas lulus (NBL) 41,00 dengan masing-masing item tes tidak terdapat nilai “0”.
  7. Tes Psikologi tahap II dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif). Anda memenuhi syarat (MS) apabila nilai akhir minimal 61.
  8. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) (penilaian secara kualitatif), dan hasil penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian kualitatif)
  9. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
  10. Sidang Terbuka Kelulusan tingkat Panda

Tahapan Seleksi Tingkat Pusat

  1. Pemeriksaan Administrasi (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaan Kesehatan (penilaian secara kualitatif)
  3. Tes Psikologi dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif). Anda memenuhi syarat (MS) apabila nilai akhir minimal 61.
  4. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) termasuk penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian secara kualitatif)
  5. Tes Akademik (TPA & Bahasa Inggris) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) (penilaian secara kuantitatif)
  6. Tes Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, dan Pemeriksaan Anthropometri (penilaian secara kualitatif). Anda memenuhi syarat (MS) apabila nilai batas lulus (NBL) 41,00 dengan masing-masing item tes tidak terdapat nilai “0”.
  7. Pemeriksaan Penampilan (penilaian secara kuantitatif)
  8. Sidang Terbuka Kelulusan tingkat pusat

Dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi menjadi anggota Polri, Anda harus memahami dan menguasai materi seleksi tes Akpol dengan baik. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap item tes dan persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat lolos seleksi menjadi anggota Polri tahun 2023.

Demikianlah materi seleksi tes kepolisian Akpol 2023 yang perlu dipersiapkan bagi calon anggota Polri. Seleksi ini bukanlah hal yang mudah, namun dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik terhadap materi seleksi, diharapkan dapat membantu Anda untuk lolos seleksi dan menjadi anggota Polri yang berkualitas. Tetap semangat dan jangan lupa terus belajar dan berlatih untuk mencapai tujuan Anda menjadi bagian dari kepolisian Indonesia yang proaktif dan mendukung terwujudnya pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat yang prima.