MATERI SELEKSI BINTARA POLRI 2023: Persiapan yang Tepat untuk Sukses Menjadi Anggota Polisi

Persiapkan diri dengan matang untuk sukses menjadi anggota Polri. Pelajari materi seleksi Bintara Polri 2023 dan berlatih intensif dengan tes simulasi.

Jika Anda berminat untuk menjadi anggota Polri, maka persiapan yang matang sangatlah penting untuk menghadapi seleksi Bintara Polri 2023. Materi seleksi terdiri dari berbagai tahapan, seperti pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, akademik, kompetensi khusus, dan tes kesamaptaan jasmani. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami dengan seksama materi seleksi dan berlatih secara intensif dengan tes simulasi. Dengan persiapan yang matang dan tekun, serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesuksesan menjadi anggota Polri dapat diraih.

Salah satu persiapan penting yang harus dilakukan untuk mengikuti seleksi adalah memahami Materi Seleksi Tes Kepolisian Bintara Polri. Pada tahun 2023, seleksi Bintara Polri terdiri dari Bintara PTU dan Brimob, serta Bintara Bakomsus. Berikut adalah materi seleksi yang harus dipersiapkan:

Materi Seleksi Bintara PTU, Brimob, & Pol Air

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaaan kesehatan tahap I (penilaian secara kualitatif)
  3. Pemeriksaan Psikologi tahap I menggunakan CAT (penilaian secara kuantitatf & kualitatif)
  4. Uji Akademik, (penilaian secara kuantitatif) yaitu:
    • Pengetahuan Umum (termasuk Undang-Undang Kepolisian)
    • Bahasa Inggris
    • Matematika
    • Wawasan kebanggsaan (Pancasila, UUD 1945,
      NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan
      Nusantara dan Kewarganegaraan)
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (termasuk Keswa) dengan penilaian secara kualitatif
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani (Kesamaptaan A, B, dan C) dengan penilaian secara kuantitatif & kualitatif, serta Pemeriksaan Anthropometri dengan penilaian secara kualitatif.
  7. Tes psikologi tahap II (wawancara) penilaian secara kualitatif
  8. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) termasuk penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian secara kualitatif)
  9. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
  10. Sidang terbuka kelulusan akhir (lulus terpilih/tidak terpilih)

Materi Seleksi Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus)

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
  2. Pemeriksaaan kesehatan tahap I (penilaian secara kualitatif)
  3. Pemeriksaan Psikologi tahap I menggunakan sistem CAT (penilaian secara kuantitatif & kualitatif)
  4. Tes Kompetensi Keahlian (TKK) meliputi: (penilaian secara kuantitatif)
    • Keterampilan
    • Perilaku
  5. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (penilaian secara kualitatif)
  6. Uji Kesamaptaan Jasmani (Kesamaptaan A, B, dan C), dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, serta Pemeriksaan Anthropometri (penilaian kualitatif)
  7. Pemeriksaan dan tes psikologi tahap II (wawancara) dan pendalaman PMK termasuk penelusuran media sosial (penilaian secara kualitatif)
  8. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
  9. Sidang terbuka kelulusan akhir (lulus terpilih/tidak terpilih)

Dalam menghadapi seleksi, persiapan yang matang sangatlah penting. Selain mempelajari materi seleksi dengan seksama, juga disarankan untuk berlatih secara intensif dan melakukan tes simulasi. Dengan persiapan yang matang dan tekun, serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesuksesan menjadi anggota Polri dapat diraih.

Demikianlah materi seleksi Bintara Polri 2023 dan persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapinya. Selain memperhatikan materi seleksi, penting juga untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Pastikan Anda memiliki kebugaran dan kesehatan yang baik, serta kemampuan beradaptasi dan bekerja dalam tim yang kuat.

Selain itu, jangan lupa untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan umum. Semoga dengan persiapan yang matang, Anda dapat meraih kesuksesan dalam seleksi Bintara Polri 2023.

Dengan memahami materi seleksi bintara polri tersebut anda akan lebih matang dalam mempersiapkan diri sehingga kemungkinan lolos pun akan meningkat. Semoga bermanfaat!