Ingin Menjadi Inspektur Polisi? Kenali Materi Seleksi Ketat SIPSS 2023!

Persiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi seleksi Polri SIPSS 2023. Artikel ini akan memberikan informasi tentang materi seleksi dan persiapan yang harus dilakukan untuk lulus seleksi Polri.

Menjadi anggota Polri atau Polisi adalah impian banyak orang. Namun, untuk mewujudkan impian tersebut, Anda harus melewati seleksi yang cukup ketat terlebih dahulu. Pada tahun 2023, Polri akan membuka pendaftaran jalur SIPSS. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan untuk menghadapi seleksi Polri. Artikel ini akan membahas tentang materi seleksi dan persiapan yang harus dilakukan agar Anda dapat lulus seleksi Polri SIPSS 2023.

Seleksi Tingkat Daerah

Seleksi tingkat daerah terdiri dari sepuluh tahap seleksi. Tahap pertama adalah pemeriksaan administrasi awal yang akan dinilai secara kualitatif. Kemudian, pada tahap kedua hingga tahap enam, peserta akan menjalani pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, dan tes kompetensi keahlian yang dinilai secara kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap ketujuh, peserta akan mengikuti tes kesamaptaan jasmani, antropometri, dan penilaian kualitatif dan kuantitatif. Tahap delapan dan sembilan adalah penelusuran mental kepribadian dan pemeriksaan administrasi akhir yang dinilai secara kualitatif. Pada tahap terakhir yaitu sidang kelulusan akhir, peserta akan dinilai secara kualitatif.

Seleksi Tingkat Pusat

Seleksi tingkat pusat juga terdiri dari enam tahap seleksi. Tahap pertama adalah pemeriksaan administrasi yang dinilai secara kualitatif. Pada tahap kedua, peserta akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes kesamaptaan jasmani yang dinilai secara kualitatif dan kuantitatif. Tahap ketiga adalah tes kompetensi keahlian yang dinilai secara kuantitatif. Pada tahap keempat dan kelima, peserta akan menjalani penelusuran mental kepribadian, wawancara, dan penelusuran media sosial yang dinilai secara kualitatif. Pada tahap terakhir yaitu sidang kelulusan akhir, peserta akan dinilai dengan sistem perankingan. Dalam seluruh tahap seleksi, peserta diharapkan untuk tidak melakukan tindakan plagiarisme.

Dari materi seleksi di atas, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan untuk menghadapi seleksi Polri. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Pemeriksaan Administrasi Awal dan Akhir
    Pemeriksaan administrasi awal dan akhir meliputi pengecekan dokumen-dokumen yang Anda miliki. Pastikan bahwa dokumen yang Anda ajukan lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Jangan sampai ada dokumen yang kurang atau tidak sesuai, karena hal ini dapat mempengaruhi kelulusan pada seleksi Polri.
  2. Pemeriksaan Kesehatan
    Pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa tahap, yaitu tahap I dan II. Pastikan Anda dalam keadaan sehat saat mengikuti pemeriksaan kesehatan, karena kesehatan fisik dan mental sangat penting dalam menjalankan tugas sebagai anggota Polri.
  3. Tes Psikologi
    Tes psikologi bertujuan untuk mengukur kemampuan psikologis Anda, seperti kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kepribadian. Tes ini meliputi tes tertulis dan tes wawancara, oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan baik.
  4. Tes Kompetensi Keahlian
    Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan Anda dalam bidang tertentu, seperti hukum, bahasa Inggris, dan sebagainya. Persiapkan diri Anda dengan belajar dan berlatih sesuai dengan bidang yang diuji.
  5. Tes Kesamaptaan Jasmani
    Tes kesamaptaan jasmani meliputi tes fisik seperti lari, push-up, sit-up, dan sebagainya. Persiapkan diri Anda dengan berlatih secara teratur untuk meningkatkan kemampuan fisik.
  6. Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dan Penelusuran Media Sosial
    Penelusuran ini bertujuan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kepribadian dan reputasi Anda di media sosial. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memiliki reputasi yang baik di media sosial dan persiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi tes ini.

Persiapan yang matang dan teliti sangat penting untuk menghadapi seleksi Polri. Selain itu, pastikan Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik saat mengikuti seleksi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi Polri tahun 2023. Sukses untuk Anda!