Musibah Kehilangan Mobil? Simak Tips Mudah Melacak dan Mengurusnya di Kepolisian!

Musibah kehilangan mobil bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada pengusaha rental kendaraan sekalipun. Kondisi ini tentu sangat merugikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, mengetahui cara melacak mobil hilang dan melaporkannya ke kepolisian akan sangat membantu dalam mengembalikan mobil Anda yang hilang akibat pencurian atau kecelakaan.

Berikut adalah cara mudah melacak mobil hilang dan mengurusnya di kepolisian.

Lapor ke Polisi

Cara utama yang bisa Anda lakukan untuk melacak mobil hilang adalah dengan melaporkannya terlebih dahulu kepada polisi atau pihak yang berwajib. Lapor ke polisi secepatnya dan sampaikan secara jelas mengenai kondisi mobil yang hilang, termasuk warna, merek, jenis, nomor plat, hingga detil-detil yang ada di dalam mobil.

Jika memungkinkan, sertakan foto mobil yang hilang atau dicuri tersebut. Lampirkan juga bukti kepemilikan mobil seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Ceritakan secara singkat dan jelas mengenai kronologis kejadian hilangnya mobil, termasuk jenis mobil, lokasi kejadian, pukul berapa perkiraan mobil tersebut hilang, hingga saksi mata yang berada di tempat.

Bukti rekaman dari CCTV di sekitar lokasi kejadian dan GPS yang terpasang di mobil Anda bisa memudahkan posisi melacak mobil hilang Anda. Dengan melapor, memberi bukti, dan menceritakan kronologis, tujuannya agar polisi mudah melacak mobil hilang Anda. Selain itu, Anda juga akan dikabari oleh kepolisian jika menemukan mobil yang mirip dengan ciri-ciri tersebut.

Blokir Surat Mobil

Pihak kepolisian dapat menerbitkan Surat Keterangan Mobil Hilang sekaligus melakukan pemblokiran dokumen menyangkut mobil Anda. Surat keterangan itu, tak sekadar bukti laporan kehilangan, tapi juga berguna untuk proses klaim asuransi.

Ketika berkas pelaporan atau Surat Keterangan Mobil Hilang sudah selesai Anda tangani, pihak kepolisian dapat segera melacak mobil hilang Anda secepat mungkin. Caranya pun cukup banyak, mulai dari melihat rekaman kamera lalu lintas, menanyai warga sekitar, hingga menggunakan info intelijen agar kendaraan segera ditemukan.

Untuk mengurus pemblokiran surat-surat mobil, pihak kepolisian dalam hal ini Polda biasanya meminta berkas-berkas seperti fotokopi KTP pemilik, STNK, BPKB, faktur, polis asuransi, laporan tempat kejadian perkara (TKP) dari pihak Polsek, dokumen asli pengantar dari asuransi, laporan kemajuan (lapju) dari Polres/Polsek.

Klaim Asuransi

Setelah mobil Anda hilang, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak asuransi atau leasing jika masih dalam tenor pembayaran kredit. Bagi mobil yang dibeli secara tunai dan sudah diasuransikan dengan Total Loss Only (TLO), maka asuransi akan mengganti kerugian Anda sepenuhnya.

Sedangkan untuk mobil yang dibeli dengan cara kredit atau angsuran berasuransi, Anda masih bisa mengajukan klaim meskipun tidak akan mengembalikan kerugian sepenuhnya. Untuk pengajuan klaim asuransi, Anda wajib mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang diperlukan.

Dokumen yang diperlukan untuk kasus kehilangan mobil antara lain formulir klaim yang telah diisi lengkap, fotokopi polis asuransi kendaraan yang bersangkutan, fotokopi SIM dan STNK. Selain itu, diperlukan juga dokumen asli Laporan Polisi setempat, BAP bila diperlukan, BPKB, Faktur, STNK (asli), kwitansi bermeterai kosong rangkap tiga, kunci kontak kendaraan (minimal 2 buah), surat Keterangan dari Polda, surat tanda pemblokiran STNK Polda, dan surat Subrogasi.

Saat sesi wawancara, pihak asuransi akan menanyakan seputar kejadian mulai dari kronologi saat diketahui mobil hilang sampai denah lokasi TKP. Selanjutnya, pihak asuransi atau leasing akan melakukan survey ke TKP sekaligus mewawancarai warga sekitar tempat kejadian.

Tujuan dari wawancara dan survey ke TKP ialah untuk memastikan bahwa kejadian kehilangan itu adalah murni kriminal bukan rekayasa, sehingga layak untuk diproses klaimnya.

Kehilangan mobil bisa terjadi pada siapa saja, namun Anda tidak perlu panik. Melaporkan kejadian ini ke polisi atau pihak yang berwenang secepatnya akan membantu Anda melacak dan mengurus mobil hilang Anda. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan saat mengurus pemblokiran surat-surat mobil dan klaim asuransi. Selain itu, selalu ingat untuk mencegah terjadinya kehilangan dengan memasang CCTV atau GPS pada mobil Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kehilangan mobil.