Cara Melapor Kehilangan Kendaraan dan Mengurus Surat Keterangan Kehilangan di Kepolisian

Musibah bisa datang kapan saja, termasuk musibah kehilangan kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Saat kendaraan kesayangan hilang dicuri, kita sering merasa panik dan terkadang surat kehilangan dari kepolisian pun luput dari perhatian. Banyak yang masih bingung apa yang harus dilakukan ketika mengalami hal tersebut, mulai dari bagaimana cara mengurus surat kehilangan di kepolisian, syarat membuat surat kehilangan, hingga biaya membuat surat kehilangan itu sendiri. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara melapor kehilangan kendaraan dan mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Cara Melapor Kehilangan Kendaraan di Kepolisian

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mencari kendaraan hilang yaitu melapor ke kantor polisi untuk meminta surat pengantar kehilangan ke polisi. Berikut ini adalah cara membuat laporan ke polisi yang bisa kamu ikuti:

  1. Siapkan surat pengantar dari pejabat setempat.
  2. Siapkan surat dan dokumen penting kendaraan seperti BPKB dan STNK.
  3. Bawalah surat pemblokiran ke Direktorat Lalu Lintas.
  4. Bawa semua dokumen ke kantor leasing atau kantor asuransi.
  5. Jangan datang ke kantor polisi dengan tangan kosong.
  6. Jangan bertele-tele saat BAP (Berkas Acara Pemeriksaan).
  7. Ceritakan detail kendaraan seperti merek, tipe, warna, nomor polisi, dan nomor rangka.

Cara Mengurus Surat Keterangan Kehilangan di Kepolisian

Membuat surat laporan kehilangan mobil atau motor adalah salah satu cara yang harus kamu lakukan jika kendaraan kamu hilang. Berikut adalah cara mengurus surat kehilangan mobil atau motor di kepolisian:

  1. Datang ke kantor polisi setempat. Jika syarat sudah siap, selanjutnya kamu hanya tinggal datang ke kepolisian setempat.
  2. Masuk ke bagian pengaduan atau pelayanan masyarakat.
  3. Kamu akan diminta mengisi form surat kehilangan dan diberikan pertanyaan seputar kehilangan.
  4. Selanjutnya ikuti arahan petugas.

Biaya Membuat Surat Keterangan Kehilangan di Kepolisian

Bagi kamu yang bertanya-tanya berapa biaya surat kehilangan di polsek, nyatanya tidak ada harga surat kehilangan dari polisi yang harus kamu bayar. Pembuatan surat keterangan hilang tak dipungut biaya apapun. Kamu hanya perlu melengkapi persyaratan dan dokumen penunjang untuk membuat surat kehilangan di polsek.

Syarat Buat Surat Keterangan Kehilangan

Untuk membuat surat kepolisian, ada beberapa persyaratan surat kehilangan yang perlu dipenuhi, diantaranya:

  1. Kartu tanda penduduk (wajib, jika kartunya tidak ikut hilang).
  2. Buku tabungan (jika melaporkan terkait kehilangan ATM).
  3. Foto barang yang hilang (jika ada).
  4. BPKB dan STNK.

Pastikan melengkapi seluruh persyaratan surat kehilangan dari kepolisian agar mempercepat pencarian kendaraan yang hilang.

Masa Berlaku Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian

Untuk menjawab pertanyaan berapa lama surat surat kehilangan berlaku, surat kehilangan berlaku sampai 14 hari saja. Jika masih membutuhkan surat kehilangan lagi maka setelah itu kamu bisa memperpanjangnya lagi. Oleh karena itu, setelah mendapatkan surat kehilangan ini segera gunakan untuk mengurus ke instansi terkait.

Tempat Mengurus Surat Keterangan Kehilangan

Untuk membuat surat kehilangan, kamu bisa mendatangi kantor polisi terdekat. Saat sampai di kantor polisi, untuk membuat laporan kehilangan di kepolisian, kamu bisa masuk ke bagian pengaduan atau pelayanan masyarakat. Biasanya tempat pelayanan ini terletak di depan pintu masuk kantor polisi agar mudah ditemukan.

Pastikan kamu datang ke Polsek atau Polres pada jam pelayanan surat kehilangan di polsek, yaitu hari kerja Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 atau Sabtu pukul 08.00-11.00.

Nah itulah informasi mengenai cara melapor kehilangan kendaraan dan mengurus surat keterangan kehilangan di kepolisian yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mengalami kehilangan kendaraan. Terima kasih sudah membaca!