Begini Syarat yang diperlukan Untuk Membuat SKCK Bagi WNI dan  WNA

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan dokumen penting yang diperlukan dalam berbagai keperluan. Baik untuk WNI ataupun WNA, memenuhi persyaratan pembuatan SKCK tidaklah sulit. Dalam artikel ini, kami akan membahas syarat dan cara lengkap membuat SKCK baru secara online maupun offline.

Apa Itu SKCK?

Sebelum membahas syarat membuat SKCK, mari kita pahami dulu apa itu SKCK. SKCK adalah dokumen yang diterbitkan oleh pihak kepolisian yang berisi catatan pelanggaran atau kejahatan seseorang. SKCK diterbitkan atas permohonan warga untuk suatu keperluan atau ketentuan yang harus dipenuhi. Dokumen ini dikeluarkan setelah dilakukan penelitian biodata serta catatan kepolisian yang ada terkait warga tersebut.

Berbeda dengan SKKB atau Surat Keterangan Kelakuan Baik, SKCK hanya diberikan kepada warga yang tidak atau belum pernah melakukan tindak kriminal. Jika yang bersangkutan memiliki catatan tindak kriminal, maka SKCK akan memuatnya. Namun, jika tidak, SKCK tidak akan memuat tindak pidana apapun.

Syarat Membuat SKCK untuk WNI


Bagi WNI yang ingin membuat SKCK baru, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Berikut adalah syarat untuk membuat SKCK baru untuk WNI:

  1. Fotokopi KTP (siapkan KTP asli untuk ditunjukkan)
  2. Fotokopi paspor
  3. Fotokopi KK (kartu keluarga)
  4. Fotokopi akta kelahiran/kenal lahir
  5. Fotokopi kartu identitas lain jika belum memenuhi syarat memperoleh KTP
  6. Enam lembar pas foto berwarna (ukuran 4×6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab)

Syarat Membuat SKCK untuk WNA

Bagi WNA yang ingin membuat SKCK baru, persyaratan yang diajukan bisa sedikit berbeda. Berikut adalah syarat untuk membuat SKCK baru untuk WNA:

  1. Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.
  2. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI).
  3. Fotokopi paspor
  4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  5. Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI
  6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.
  7. Enam lembar pas foto berwarna (ukuran 4×6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab)

Cara Membuat SKCK

Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut, Anda bisa mengajukan permohonan pembuatan SKCK baik secara online maupun offline. Untuk membuat SKCK secara online, Anda bisa mengakses website resmi pihak kepolisian terlebih dahulu. Pastikan Anda mengisi formulir yang tersedia dengan lengkap dan benar. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembayaran dan menunggu SKCK dicetak dan dikirimkan ke alamat Anda.

Sedangkan untuk membuat SKCK secara offline, Anda bisa mengunjungi kantor kepolisian terdekat dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan menyerahkan semua persyaratan. Lakukan pembayaran dan tunggu sampai SKCK selesai dicetak.

Demikian informasi mengenai syarat dan cara lengkap membuat SKCK baru baik untuk WNI ataupun WNA baik secara online mauoun offline yang perlu anda pahami. Pastikan anda memahami serta melengkapi semua syarat yang disebutkan diatas. Dengan memahami prosedur dan persyaratan yang diperlukan, proses pembuatan SKCK tidak akan terlalu rumit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang memerlukan SKCK.