Cara Mudah Mendapatkan Kode Bayar Pajak STNK Kendaraan Online di Jawa Barat Melalui Website Bapenda

Ingin membayar pajak STNK kendaraan secara online melalui E-Samsat Jabar? Pertama-tama, kamu harus mendapatkan Kode Bayar terlebih dahulu. Nah, bagaimana cara mendapatkannya? Simak ulasannya di bawah ini!

Langkah 1: Kunjungi Halaman Info PKB di Website Resmi Bapenda

Untuk mendapatkan Kode Bayar, kamu harus mengunjungi halaman Info PKB, yang merupakan salah satu halaman penting di website Bapenda. Halaman ini berisikan informasi terkait dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), yang merupakan salah satu jenis pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor. Agar bisa mengakses halaman Info PKB, kamu harus mengunjungi website resmi Bapenda di https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/.

Langkah 2: Isi Nomor Polisi Kendaraan dan Warna TNKB

Setelah kamu berhasil mengakses halaman Info PKB di website resmi Bapenda, langkah selanjutnya adalah mengisi beberapa data penting untuk memperoleh Kode Bayar untuk pembayaran pajak STNK kendaraan secara online di Jawa Barat melalui E-Samsat Jabar.

Pertama, kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Polisi Kendaraan, yang merupakan nomor unik yang tertera pada plat nomor kendaraanmu. Selain itu, kamu juga harus mengisi Warna TNKB, yang merupakan kode warna pada plat nomor kendaraanmu.

Setelah mengisi kedua data tersebut dengan benar, kamu juga akan diminta untuk mengisi kode captcha yang muncul di halaman tersebut. Kode captcha ini berfungsi sebagai verifikasi bahwa kamu adalah manusia yang mengakses halaman tersebut, bukan robot atau program otomatis.

Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol Cari untuk melanjutkan proses. Setelah itu, akan muncul besaran pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraanmu.

Langkah 3: Daftar Online

Dalam proses pembayaran secara online ini, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data penting lainnya, seperti Nomor KTP Pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir Nomor Rangka Kendaraan. Data ini dibutuhkan untuk memperoleh Kode Bayar yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan secara online melalui E-Samsat Jabar.

Nomor KTP Pemilik kendaraan adalah nomor identitas resmi yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, sedangkan 5 digit terakhir Nomor Rangka Kendaraan bisa kamu lihat pada lembar STNK kendaraanmu. Data ini harus diisi dengan benar dan valid agar proses pembayaran berjalan lancar dan tepat sasaran.

Langkah 4: Proses Pembayaran

Setelah kamu mengisi semua data yang diperlukan, seperti Nomor Polisi Kendaraan, Warna TNKB, No. KTP Pemilik kendaraan, dan 5 digit terakhir Nomor Rangka Kendaraan, klik tombol Proses untuk melanjutkan proses pembayaran pajak STNK kendaraan secara online di Jawa Barat melalui E-Samsat Jabar.

Setelah proses diproses, maka akan muncul Kode Bayar dan informasi biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Kode Bayar ini merupakan kode unik yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan secara online melalui E-Samsat Jabar. Sedangkan informasi biaya pajak akan menampilkan besaran pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraanmu.

Kode Bayar dan informasi biaya pajak ini sangat penting untuk dicatat atau dicetak, karena akan digunakan saat melakukan pembayaran. Pastikan untuk mencatat atau mencetak informasi tersebut dengan benar dan jangan sampai salah mencatat atau mencetaknya.

Dengan mengikuti prosedur yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan Kode Bayar untuk membayar pajak STNK kendaraan secara online di Jawa Barat melalui website Bapenda. Proses ini tidak hanya lebih cepat dan mudah, tetapi juga lebih efisien karena kamu tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga.

Dalam menggunakan layanan pembayaran pajak STNK kendaraan secara online melalui website Bapenda, pastikan kamu mengikuti prosedur yang benar dan memperhatikan setiap detail yang diminta. Hal ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan proses pembayaran dengan lancar dan tanpa hambatan.