Cara Bayar Pajak STNK Kendaraan Online Di Jawa Barat Melalui Aplikasi SAMBARA

Apakah kamu merasa repot harus pergi ke kantor Samsat untuk membayar pajak STNK kendaraanmu? Jangan khawatir, sekarang kamu bisa melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan secara online melalui E-Samsat Jabar dengan mudah dan praktis. Berikut adalah panduan lengkap cara bayar pajak STNK kendaraan online di Jawa Barat.

Mendapatkan Kode Bayar

Sebelum melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan melalui E-Samsat Jabar, kamu perlu terlebih Sebelum melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan melalui E-Samsat Jabar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendapatkan Kode Bayar. Kode Bayar ini akan menjadi kode unik yang akan digunakan sebagai referensi pembayaran pajak kendaraanmu.

Untuk mendapatkan Kode Bayar, kamu dapat mengunjungi situs web resmi E-Samsat Jabar di https://esamsat.jabarprov.go.id/. Setelah masuk ke situs web tersebut, kamu akan menemukan beberapa opsi layanan, termasuk “Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)”. Kemudian, masukkan Nomor Polisi Kendaraanmu pada kolom yang tersedia dan klik “Cari”.

Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan informasi besaran pajak yang harus kamu bayar. Jika sudah muncul, pilih opsi “Lanjut Daftar Online”. Salah satu informasi pribadi yang harus kamu isi adalah nomor KTP Pemilik kendaraan. Selain itu, kamu juga harus mengisi 5 digit terakhir nomor Rangka Kendaraan. Nomor Rangka Kendaraan ini dapat ditemukan pada lembar STNK kendaraanmu.

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik “Proses”. Tunggu beberapa saat hingga sistem memberikan Kode Bayar dan informasi besar biaya pajak kendaraan yang harus kamu bayar.

Dengan memiliki Kode Bayar, kamu bisa langsung melakukan pembayaran pajak STNK kendaraanmu melalui aplikasi SAMBARA atau melalui portal pembayaran online lainnya yang bekerja sama dengan E-Samsat Jabar. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan dengan mudah dan praktis tanpa perlu datang ke kantor Samsat.

Bayar Pajak STNK Melalui Aplikasi SAMBARA

Setelah kamu berhasil mendapatkan Kode Bayar dari situs E-Samsat Jabar, kamu bisa langsung melakukan pembayaran pajak STNK kendaraanmu melalui aplikasi SAMBARA. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi SAMBARA, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Info PKB”. Selanjutnya, masukkan Nomor Polisi Kendaraanmu dan klik “Cari”. Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan informasi besaran pajak yang harus kamu bayar.

Jika sudah muncul informasi besaran pajak, pilih opsi “Bayar Sekarang” dan masukkan Kode Bayar yang telah kamu dapatkan sebelumnya dari situs E-Samsat Jabar. Kemudian, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, apakah melalui transfer bank, kartu kredit atau e-wallet. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi SAMBARA dengan teliti dan pastikan informasi yang kamu masukkan benar dan sesuai dengan data yang tertera pada Kode Bayar.

Setelah kamu berhasil melakukan pembayaran, aplikasi SAMBARA akan memberikan bukti pembayaran yang bisa kamu gunakan sebagai bukti pembayaran pajak STNK kendaraanmu. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut dengan baik sebagai bukti pembayaran yang sah dan legal.

Dengan melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan melalui aplikasi SAMBARA, kamu bisa melakukan pembayaran kapan saja dan di mana saja tanpa perlu mengunjungi kantor Samsat. Selain itu, aplikasi SAMBARA juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Kesimpulan

Sekarang kamu tidak perlu repot lagi pergi ke kantor Samsat untuk membayar pajak STNK kendaraanmu. Dengan cara bayar pajak STNK kendaraan online di Jawa Barat melalui E-Samsat Jabar dan aplikasi SAMBARA, kamu bisa melakukan pembayaran pajak kendaraanmu secara mudah dan praktis. Jangan lupa untuk selalu membayar pajak kendaraanmu tepat waktu agar terhindar dari denda dan masalah lainnya.