Mengganti Warna Mobil dengan Aman dan Legal, Berikut Biaya dan Prosedur yang Harus Diketahui

Mengganti warna mobil bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat tampilan mobil Anda terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti warna mobil, banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus perubahan warna tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai biaya mengurus ganti warna mobil serta prosedur yang harus dilakukan agar perubahan warna tersebut sah dan legal.

Biaya Mengurus Ganti Warna Mobil

Untuk mengganti warna mobil, Anda perlu melaporkannya pada pihak kepolisian untuk mendapatkan dokumen STNK dan BPKB baru yang mencantumkan warna baru pada mobil Anda. Berikut adalah rincian biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus perubahan warna mobil:

  1. Biaya Penerbitan STNK Baru

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya penerbitan STNK baru tidak lebih dari Rp 200.000.

  • Biaya Perpanjangan STNK

Setiap kendaraan bermotor wajib memperbarui STNK setiap lima tahun sekali. Biaya perpanjangan STNK mobil roda empat atau lebih besarannya adalah Rp 50.000 per tahun atau sama dengan biaya penerbitan STNK baru.

  • Biaya Mengurus BPKB

Selain mengurus perpanjangan STNK, Anda juga perlu mengubah keterangan warna di BPKB. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus perubahan warna di BPKB adalah Rp 375.000.

Prosedur Mengurus Ganti Warna Mobil

Setelah mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus ganti warna mobil, berikut adalah prosedur yang harus dilakukan untuk membuat perubahan warna mobil Anda sah dan legal:

  1. Melapor ke Kepolisian

Setelah melakukan pengecatan ulang pada mobil Anda, segera laporkan perubahan warna tersebut pada pihak kepolisian. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan dokumen STNK dan BPKB baru dengan warna yang sesuai.

  • Mengurus STNK dan BPKB Baru

Setelah melapor ke kepolisian, Anda akan mendapatkan STNK dan BPKB baru dengan warna yang sesuai dengan mobil Anda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus STNK dan BPKB baru telah dijelaskan di atas.

  • Memperbarui Asuransi Mobil

Setelah mendapatkan dokumen STNK dan BPKB baru, pastikan untuk memperbarui asuransi mobil Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil Anda tetap terlindungi secara hukum dan finansial.

  • Mengubah Warna Mobil di SIM

Setelah mengganti warna mobil, pastikan untuk mengubah warna mobil pada SIM Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah saat Anda sedang berkendara dan dihentikan oleh petugas kepolisian.

Kesimpulan

Mengganti warna mobil bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat tampilan mobil Anda lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti warna mobil, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan serta prosedur yang harus dilakukan agar perubahan warna tersebut sah dan legal.

Dalam artikel ini, kami telah membahas secara detail mengenai biaya dan prosedur mengurus ganti warna mobil. Biaya yang harus dikeluarkan meliputi biaya penerbitan STNK baru, biaya perpanjangan STNK, dan biaya mengurus perubahan warna di BPKB.

Prosedur yang harus dilakukan meliputi melapor ke kepolisian, mengurus STNK dan BPKB baru, memperbarui asuransi mobil, dan mengubah warna mobil pada SIM Anda.

Kami juga menyarankan agar Anda tidak menggunakan jasa calo untuk mengurus perubahan warna mobil agar terhindar dari masalah hukum di kemudian hari. Dengan mengikuti prosedur yang benar dan mengeluarkan biaya yang sesuai, Anda dapat mengubah warna mobil Anda dengan aman dan legal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengganti warna mobil kesayangan.