Cara Mudah dan Efektif Cek Nomor Rangka Mobil Online

Nomor rangka mobil merupakan identitas kendaraan yang penting untuk diketahui oleh setiap pemilik mobil. Nomor rangka ini merupakan kombinasi angka dan huruf sebanyak 17 deret yang membuktikan keaslian kendaraan. Pengecekan nomor rangka mobil secara online bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengetahui riwayat kendaraan yang hendak Anda miliki. Berikut adalah panduan singkat mengenai cara cek nomor rangka mobil online.

Mengapa Pengecekan Nomor Rangka Mobil Penting?

Setiap pemilik kendaraan wajib mengetahui nomor rangka kendaraannya untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar secara resmi. Bagi pembeli mobil bekas, cek nomor rangka mobil secara online harus dilakukan untuk memastikan tidak ada indikasi kendaraan tersebut tidak resmi atau pernah mengalami penggantian. Jika terbukti menggunakan kendaraan ilegal, maka berisiko terjerat masalah hukum. Selain itu, nomor rangka juga digunakan sebagai syarat bayar pajak mobil. Tanpa nomor rangka yang valid, proses pembayaran pajak kendaraan juga dapat terkendala.

Mengecek Nomor Rangka Mobil Secara Online

Cara cek nomor rangka mobil secara online cukup mudah dan tidak perlu repot. Anda bisa mengakses situs web resmi dari SAMSAT dengan menggunakan nomor rangka mobil yang tertera pada STNK. Pada situs web tersebut, Anda dapat menemukan informasi penting seperti data kendaraan, jumlah pemilik sebelumnya, kondisi kendaraan, serta apakah mobil tersebut pernah terlibat dalam kecelakaan atau tidak.

Cek Nomor Rangka Mobil di Jakarta

Bagi Kamu domisili Jakarta, dengan mobil Toyota plat B, cara mengecek nomor rangka mobil online sama dengan cara cek pajak kendaraan yaitu melalui aplikasi smartphone. Nama aplikasinya adalah “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta”. Anda bisa menemukannya di Google Play Store untuk pengguna Android. Langkah cek nomor rangka melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install aplikasi pada smartphone Anda.
  2. Log in dengan akun Google Anda. Bila belum memiliki akun, maka bisa sign in terlebih dahulu.
  3. Saat sign in, Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan plat nomor kendaraan bermotor alias nomor polisi. NIK yang dimasukkan di sini harus sesuai dengan data pemilik kendaraan.
  4. Klik tombol Cari dengan ikon kaca pembesar berwarna biru.
  5. Setelahnya, akan muncul informasi lengkap mengenai nomor rangka kendaraan, nomor polisi mobil, pajak kendaraan, dan lainnya.

Cek Nomor Rangka Mobil di Daerah Lain

Bukan hanya wilayah Jakarta yang bisa menikmati layanan pengecekan nomor rangka kendaraan online, daerah lain juga memiliki layanan ini. Namun, cek online rangka kendaraan di wilayah lain hanya bisa dilakukan melalui website resmi, bukan aplikasi seperti di Jakarta. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan informasi lengkap mengenai mobil Anda akan muncul. Website resmi tiap daerah bisa dicek di sini:

  1. Jawa Timur – https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
  2. Yogyakarta – http://infonjkbdiy.com/
  3. Jawa Tengah – Aplikasi SAKPOLE
  4. Jawa Barat – https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

Kesimpulan

Pengecekan nomor rangka mobil secara online adalah salah satu cara efektif untuk mengetahui riwayat kendaraan yang hendak Anda miliki. Anda bisa mengakses situs web resmi dari SAMSAT dengan menggunakan nomor rangka mobil yang tertera pada STNK. Bagi Kamu yang domisili di Jakarta, cara cek nomor rangka mobil online sama dengan cara cek pajak kendaraan yaitu melalui aplikasi smartphone. Namun, jika Anda berada di wilayah lain, pengecekan nomor rangka kendaraan online hanya bisa dilakukan melalui website resmi tiap daerah. Dengan mengetahui nomor rangka kendaraan, Anda bisa memastikan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar secara resmi dan menghindari terjerat masalah hukum. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan.