Cara Cek Tilang Elektronik dengan Mudah dan Praktis

Bertemu dengan tilang elektronik saat sedang berkendara mungkin menjadi hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Namun, sebagai pengemudi, kita harus mematuhi peraturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan dan ketertiban jalan. Terlebih lagi, di era modern ini, pihak yang berwenang telah menerapkan sistem teknologi yang lebih mutakhir untuk menegakkan peraturan lalu lintas secara otomatis, yaitu Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Apa Itu Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)?

ETLE adalah sistem implementasi teknologi yang digunakan untuk menegakkan peraturan lalu lintas secara otomatis demi menjaga keselamatan dan ketertiban jalan. Sistem kerja ETLE menggunakan kamera canggih yang mampu mengenali ragam jenis pelanggaran. Dengan sistem komputerisasi, maka tidak perlu lagi menempatkan petugas kepolisian di beberapa titik ruas jalan untuk mengambil tindakan.

Penerapan ETLE ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sistem kerja ETLE sangat efektif dalam menangani pelanggaran lalu lintas, karena mampu mendeteksi pelanggaran dengan cepat dan akurat. Jika Anda tanpa sengaja melakukan pelanggaran tilang elektronik, maka data kendaraan Anda akan ditangkap oleh kamera yang terpasang di jalan. Kemudian, petugas pun akan melakukan pengecekan identitas kendaraan serta pemilik kendaraan untuk diproses lebih lanjut.

Bagaimana Cara Cek Tilang Elektronik?

Seringkali, pengendara tidak menyadari bahwa dirinya telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Lantas, bagaimana cara mengetahui kendaraan kena tilang elektronik atau tidak? Berikut ini adalah cara cek tilang elektronik yang wajib Anda ketahui.

  1. Surat Tilang yang Dikirim Secara Otomatis

Jika kendaraan Anda kena tilang elektronik, maka petugas akan melakukan pengecekan identitas kendaraan dari database. Apabila semuanya sudah cocok, maka pengendara akan mendapatkan surat konfirmasi ke alamat rumah. Surat tersebut juga dilengkapi dengan foto bukti pelanggaran yang sebelumnya sudah diambil oleh kamera pada saat kejadian. Perlu diketahui, surat akan datang ke alamat rumah pengendara dalam jangka waktu tiga hari setelah pelanggaran.

  • Mengecek ETLE Secara Online

Apabila Anda khawatir bahwa kendaraan Anda telah terkena tilang elektronik, Anda juga bisa mengecek status tilang Anda sendiri secara online tanpa perlu menunggu surat tilang datang ke rumah. Untuk wilayah Jakarta dan wilayah di bawah Polda Metro Jaya bisa cek di laman: https://etle-pmj.info/id/check-data. Kemudian, masukkan nomor plat kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka. Jika pernah melakukan pelanggaran, maka akan muncul data terkait pelanggaran lalu lintas tersebut, seperti catatan waktu, lokasi, status pelanggaran, serta tipe kendaraan.

Selain mengetahui cara cek tilang elektronik, sebagai pengemudi yang bertanggung jawab, kita juga harus mengetahui sanksi pelanggaran lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa sanksi pelanggaran lalu lintas yang wajib diketahui.

  1. Denda

Setiap pelanggaran lalu lintas di Indonesia akan dikenakan denda sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Besaran denda ini bervariasi dan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

  • Pencabutan SIM

Jika pelanggaran lalu lintas yang dilakukan termasuk dalam kategori pelanggaran yang serius, maka pengemudi dapat kehilangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pencabutan SIM ini dilakukan berdasarkan putusan pengadilan atau kebijakan dari pihak kepolisian.

  • Penahanan Kendaraan

Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan juga dapat mengakibatkan penahanan kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengemudi yang melakukan pelanggaran yang sama di kemudian hari.

Kesimpulan

Demikianlah cara cek tilang elektronik yang bisa Anda lakukan. Menghindari pelanggaran lalu lintas adalah hal yang utama untuk memastikan keselamatan dan ketertiban jalan. Namun, jika terlanjur terkena tilang elektronik, segeralah periksa status tilang Anda secara online atau tunggu surat konfirmasi datang ke rumah. Selain itu, sebagai pengemudi yang bertanggung jawab, pahami sanksi pelanggaran lalu lintas yang ada agar terhindar dari tindakan pelanggaran tersebut.