Cara Asik Bayar Pajak STNK Motor Online Lewat Aplikasi Tokopedia

Ketika kemarin saat pandemi masih menjadi ancaman, datang ke kantor Samsat untuk bayar pajak kendaraan bermotor terasa sangat berisiko. Oleh karena itu, banyak orang mencari alternatif cara bayar pajak STNK motor online yang aman dan cepat. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi Tokopedia yang bisa diakses dengan mudah di ponsel pintar.

Yuk, Simak Cara Bayar Pajak STNK Motor Online di Tokopedia!

Sebelum mulai melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan bermotor melalui aplikasi Tokopedia, pastikan dulu bahwa layanan ini sudah tersedia di daerahmu. Saat ini, layanan ini baru tersedia di beberapa daerah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Jika daerahmu belum terdaftar di aplikasi Tokopedia, jangan khawatir! Kamu masih bisa mendapatkan kode bayar dengan cara yang super mudah! Cukup kirim SMS ke nomor 0811-211-9211 dengan format “esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP”, dan kode bayar akan langsung diterima olehmu.

Langkah yang Harus Kalian Lakukan

Setelah memperoleh kode bayar pajak STNK kendaraan bermotor, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Tokopedia atau mengunjungi website-nya. Selanjutnya, pilih menu E-Samsat dan pilih wilayah tempat kendaraanmu terdaftar. Selanjutnya, isi nomor polisi, nomor mesin, dan nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK) yang tertera di STNK kendaraan. Jika daerahmu memerlukan kode bayar tambahan, cukup mengisinya pada kolom yang tersedia.

Setelah semua data terisi dengan benar, lanjutkan dengan mengklik tombol “Cek Tagihan”. Pada halaman selanjutnya, akan ditampilkan detail kendaraan, rincian jumlah tagihan, dan biaya admin. Pastikan bahwa semua data yang tertera sudah sesuai dan benar sebelum melanjutkan ke tahap pembayaran.

Jika kamu memiliki kode promo, kamu bisa memasukkannya pada kolom yang tersedia untuk memperoleh potongan harga atau keuntungan lainnya. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Aplikasi Tokopedia menawarkan berbagai metode pembayaran yang aman dan terpercaya, seperti transfer bank, kartu kredit, atau dompet digital.

Setelah memilih metode pembayaran, klik tombol “Bayar” dan lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera. Pastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran dengan benar dan tunggu hingga pembayaranmu diproses.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, kamu juga bisa mengecek status pembayaran pajak kendaraan bermotor di aplikasi Tokopedia. Kamu akan menerima SMS dari Samsat setempat yang berisi sebuah “rahasia”. Apa itu? Yaitu, alamat situs untuk mengunduh E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) terbaru yang akan menjadi bukti pembayaranmu.  Setelah mendownload dokumen tersebut, kamu bisa mencetaknya dan melakukan pengesahan di Kantor Bersama Samsat atau layanan unggulan terdekat.

Kini, dengan melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan bermotor melalui aplikasi Tokopedia, kamu bisa menikmati kemudahan dan kenyamanan tanpa harus datang ke kantor Samsat. Jadikan pengalaman bayar pajak kendaraan bermotor menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi Tokopedia!

Tips dan Trik untuk Bayar Pajak Motor Online dengan Cepat dan Aman

  • Pastikan layanan bayar pajak motor online via Tokopedia sudah tersedia di daerahmu.
  • Jangan lupa mendapatkan kode bayar jika daerahmu belum terdaftar di aplikasi Tokopedia.
  • Siapkan STNK kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya agar memudahkan pengisian data.
  • Periksa kembali semua data sebelum melakukan pembayaran.
  • Gunakan metode pembayaran yang paling aman dan sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Jangan lupa untuk mengecek status pembayaran pajak kendaraan bermotor setelah melakukan pembayaran.
  • Setelah berhasil mengunduh dan mencetak dokumen E-TBPKP sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor, jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik. Dokumen tersebut sangat penting karena akan menjadi bukti bahwa kamu telah melunasi kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu bisa melakukan cara bayar pajak motor online dengan cepat dan aman melalui aplikasi Tokopedia.