Bagaimana Cara Menjadi Anggota Kepolisian? – Semua yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda memiliki hasrat untuk melindungi masyarakat dan ingin membantu menjaga ketertiban, menjadi anggota kepolisian mungkin merupakan pilihan karir yang tepat bagi Anda. Namun, proses untuk menjadi anggota kepolisian bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan beberapa tahapan. Di artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara menjadi anggota kepolisian di Indonesia.

Bagaimana cara menjadi anggota kepolisian? Pelajari tentang proses dan persyaratan untuk bergabung dengan kepolisian di Indonesia.

Tahapan Menjadi Anggota Kepolisian

Proses menjadi anggota kepolisian biasanya melibatkan beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

Seleksi Administrasi

Setelah Anda mendaftar sebagai calon anggota kepolisian, Anda akan diminta untuk mengikuti seleksi administrasi. Seleksi ini akan mengevaluasi kelayakan Anda sebagai calon anggota kepolisian. Beberapa tes yang mungkin akan dilakukan dalam seleksi administrasi adalah tes tertulis, tes kesehatan, tes kebugaran, dan tes psikologi.

Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi kompetensi dasar adalah tahap lanjutan dari seleksi administrasi. Tahap ini bertujuan untuk menilai keterampilan dasar Anda yang berkaitan dengan pekerjaan kepolisian. Beberapa tes yang mungkin akan dilakukan dalam seleksi kompetensi dasar adalah tes wawasan kebangsaan, tes pengetahuan umum, tes kemampuan berbahasa Inggris, dan tes kemampuan berhitung.

Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi kompetensi bidang adalah tahap terakhir dalam proses seleksi menjadi anggota kepolisian. Tahap ini akan mengevaluasi keterampilan dan pengetahuan Anda dalam bidang kepolisian. Beberapa tes yang mungkin akan dilakukan dalam seleksi kompetensi bidang adalah tes praktik kepolisian, tes simulasi situasi, dan tes psikotes.

Persyaratan Menjadi Anggota Kepolisian

Tidak semua orang dapat menjadi anggota kepolisian. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum seseorang dapat bergabung dengan kepolisian. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota kepolisian:

Warga Negara Indonesia

Hanya warga negara Indonesia yang dapat menjadi anggota kepolisian. Kandidat harus menunjukkan bukti kewarganegaraannya untuk bisa mendaftar.

Usia dan Pendidikan

Kandidat harus berusia antara 18 hingga 22 tahun dan memiliki minimal pendidikan SMA atau sederajat. Namun, untuk kepolisian khusus seperti Densus 88, usia maksimal adalah 30 tahun.

Tinggi Badan

Tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm, dan 160 cm untuk wanita.

Tidak Bertato atau Bertindik

Calon anggota kepolisian tidak diperbolehkan memiliki tato atau tindik di tempat yang terlihat saat mengenakan seragam kepolisian.

Seleksi dan Pelatihan

Setelah memenuhi persyaratan dan melalui tahapan seleksi, calon anggota kepolisian yang lolos akan diikutkan dalam pelatihan. Pelatihan biasanya dilakukan di sekolah kepolisian dan memiliki durasi sekitar 9 hingga 12 bulan.

Materi Pelatihan

Selama pelatihan, calon anggota kepolisian akan belajar tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kepolisian, seperti hukum, taktik dan teknik operasi, serta penanganan kejahatan. Selain itu, mereka juga akan diberikan pelatihan tentang keterampilan fisik dan psikologi.

Tes Akhir

Setelah menyelesaikan pelatihan, calon anggota kepolisian harus mengikuti tes akhir. Tes ini akan menilai kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama pelatihan.

Menjadi anggota kepolisian adalah salah satu profesi yang bergengsi dan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun, untuk dapat menjadi anggota kepolisian, calon harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan melewati tahapan seleksi dan pelatihan yang cukup ketat. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi anggota kepolisian, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki tekad serta kemauan yang kuat untuk menjalani proses tersebut.