Lokasi Gerai Perpanjangan SIM di Jakarta dan Syarat Perpanjangannya!! Mudah dan Seru!

Ingin memperpanjang SIM tanpa harus mengikuti mobil SIM keliling yang selalu berpindah-pindah lokasi? Kini kamu bisa memperpanjang SIM di Gerai SIM Corner yang tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta. Nah, sebelum kamu pergi ke gerai perpanjangan SIM, yuk simak dulu informasi penting di bawah ini!

Lokasi Gerai Perpanjangan SIM yang Bisa Kamu Kunjungi

Jika kamu sedang membutuhkan perpanjangan SIM namun tidak ingin repot mengikuti mobil SIM keliling yang selalu berpindah tempat, maka kamu bisa memperpanjang SIM di Gerai SIM Corner yang tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta. Di sana, kamu bisa menemukan beberapa lokasi gerai perpanjangan SIM yang bisa kamu kunjungi.

Beberapa lokasi gerai perpanjangan SIM tersebut antara lain Gerai SIM Tamini Square, Gerai SIM di Mall Pelayanan Publik Kuningan, Gerai Samsat Jakarta Utara di Gerai Mall Artha Gading, Gerai SIM Mall Puri Indah, Gerai SIM Mall Palm, Gerai SIM Blok M Square, Gerai SIM Mall Pluit Village, dan Gerai SIM Mall Gandaria City. Kamu bisa memilih gerai yang paling dekat dan nyaman dengan tempat tinggalmu.

Namun, sebelum kamu pergi ke gerai perpanjangan SIM, ada beberapa dokumen penting yang harus kamu bawa agar proses perpanjangan SIM berjalan lancar. Pastikan kamu membawa SIM lama beserta fotokopinya, formulir perpanjangan SIM (diisi di lokasi), KTP asli beserta fotokopinya, surat kesehatan (bisa didapatkan di lokasi), dan surat bukti tes psikologi (bisa dicek di lokasi). Dengan membawa semua dokumen tersebut, kamu akan lebih mudah dalam proses perpanjangan SIM.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum ke gerai perpanjangan SIM. Kamu bisa memilih waktu yang tepat dan tidak terlalu padat, sehingga tidak perlu menunggu lama dalam antrian. Selain itu, pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup untuk membayar biaya perpanjangan SIM dan juga biaya administrasi lainnya.

Perpanjang SIM dengan Mudah Lewat Aplikasi Korlantas Polri

Namun, sebelum memulai proses perpanjangan SIM secara online, pastikan terlebih dahulu bahwa permohonan perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlaku SIM habis. Setelah itu, kamu bisa mendownload aplikasi Korlantas Polri melalui Google Play Store atau App Store pada smartphone mu. Setelah aplikasi terinstall, masukkan nomor ponsel yang akan diverifikasi dan masukkan kode OTP untuk memverifikasi data nomor ponselmu.

Setelah proses verifikasi nomor ponsel selesai, selanjutnya kamu harus melakukan registrasi dengan melengkapi data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor SIM, foto KTP, foto SIM, dan selfie.

Nantinya, kamu juga harus memilih jenis SIM beserta lokasi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu harus melakukan verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi yang bisa didapatkan lewat aplikasi.

Setelah semua data dan informasi yang dibutuhkan terisi dengan lengkap, jangan lupa untuk mengisi nomor rekening pengembalian dan memilih metode pengiriman SIM. Kamu juga harus mengunggah pas foto beserta tanda tangan. Terakhir, lakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim menggunakan metode pembayaran yang tersedia.

Setelah semua persyaratan di atas dilakukan, pihak Korlantas akan memproses permohonan perpanjangan SIMmu dan menerbitkan SIM yang baru. SIM tersebut akan dikirimkan ke alamat yang telah kamu berikan pada saat registrasi. Dengan memanfaatkan aplikasi Korlantas Polri, proses perpanjangan SIM akan lebih mudah, cepat dan efisien tanpa harus repot keluar rumah.

Jadi, jika kamu ingin memperpanjang SIM dengan mudah dan cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Korlantas Polri yang tersedia secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi penting mengenai lokasi gerai perpanjangan SIM di Jakarta dan syarat perpanjangannya. Jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan yang diperlukan agar kamu bisa memperpanjang SIM dengan mudah dan seru!