Cara Perpanjang SIM Secara Online dengan Aplikasi Digital Korlantas Polri

Apakah Anda memerlukan perpanjangan SIM tapi tidak ingin repot dengan antrian yang panjang? Kini, Anda dapat memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Berikut adalah syarat dan cara perpanjang SIM secara online dengan mudah dan praktis.

Langkah Mudah Perpanjang SIM Melalui Aplikasi Digital Korlantas Polri

Apabila Anda ingin memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, pastikan Anda menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lengkap. Dokumen yang diperlukan meliputi SIM lama, E-KTP, hasil pemeriksaan kesehatan (rikkes) jasmani, hasil tes psikologi, pasfoto dengan latar berwarna biru, dan foto tanda tangan di atas kertas putih polos dengan tinta yang tebal.

Pastikan dokumen yang Anda miliki tidak buram atau blur agar memudahkan proses verifikasi data dan menghindari penolakan dari Satpas. Dengan menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan lengkap, proses perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri akan berjalan lebih lancar dan efektif.

Cara Praktis Perpanjang SIM Melalui Aplikasi Digital Korlantas Polri

Bagi Anda yang ingin memperpanjang SIM secara online, Anda dapat melakukan proses perpanjangan melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Pertama, unduh aplikasi tersebut dari PlayStore yang tersedia pada perangkat Android Anda. Selanjutnya, lakukan registrasi aplikasi dengan mengisi nomor handphone dan memasukkan kode OTP yang diterima melalui SMS.

Setelah itu, buat PIN baru dan lengkapi profil di menu “Profile” dengan memasukkan nomor NIK, Nama, dan email. Sebelum melakukan verifikasi E-KTP dengan foto Liveness di aplikasi Digital Korlantas Polri, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen pendukung seperti E-KTP, foto SIM lama, tanda tangan di atas kertas putih, dan pasfoto dengan latar berwarna biru telah disiapkan dengan lengkap.

Selanjutnya, lakukan tes Rikkes jasmani di erikkes.id dan tes psikologi di app.eppsi.id melalui browser pada handphone. Caranya cukup dengan memilih “Menu SIM” pada aplikasi tersebut, kemudian pilih “Perpanjangan SIM”. Unggah dokumen yang diperlukan dan pilih Satpas penerbit serta metode pengiriman.

Jangan lupa untuk memilih metode pembayaran dan melakukan pembayaran dengan virtual account BNI. Setelah melakukan permohonan perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, pastikan untuk memeriksa status transaksi secara berkala di menu transaksi. Terakhir, jangan lupa untuk mengeklik tombol “Perbarui” untuk mendapatkan SIM baru yang telah terdigitalisasi. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, proses perpanjangan SIM secara online dapat dilakukan dengan cepat dan praktis.

Biaya Perpanjangan SIM Secara Online di Aplikasi Digital Korlantas Polri: Hemat Waktu dan Tenaga

Bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, selain menyiapkan dokumen, perlu juga membayar biaya administrasi. Bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM, biaya perpanjangan telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan kepolisian. Peraturan ini mengatur besaran biaya perpanjangan SIM yang harus dibayarkan oleh pemohon. Namun, biaya tersebut dapat bertambah karena adanya biaya tes kesehatan dan tes psikologi yang juga harus dikeluarkan.

Untuk SIM A dan B1/B2, biaya perpanjangannya adalah Rp 80.000,00. Sedangkan untuk SIM C, C1, dan C2 biayanya Rp 75.000,00. Untuk SIM D dan D1, biaya perpanjangannya hanya Rp 30.000,00. Tidak hanya biaya administrasi perpanjangan SIM yang harus dibayarkan oleh pemohon, namun juga terdapat biaya tambahan untuk tes Rikkes jasmani dan tes psikologi. Biaya tes Rikkes jasmani sebesar Rp 25.000,00, sedangkan biaya tes psikologi sebesar Rp 27.500,00.

Namun, dengan melakukan perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga. Proses perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengantri di Satpas. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran biaya administrasi dengan mudah melalui virtual account BNI. Jadi, tunggu apa lagi? Segera perpanjang SIM Anda secara online dan nikmati kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh aplikasi Digital Korlantas Polri.