Layanan SIM Keliling Polres Purwakarta!! Perpanjang SIM A dan C dengan Mudah

Hei, warga Kabupaten Purwakarta! Ada kabar baik nih buat kamu yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Kini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta membuka layanan SIM Keliling ditahun 2023. Nah, kamu yang belum sempat memperpanjang SIM, jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya!

Lokasi dan Jadwal Layanan SIM Keliling Polres Purwakarta

Layanan SIM Keliling Polres Purwakarta sangat membantu warga Kabupaten Purwakarta yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) tanpa harus ke Kantor Polres Purwakarta.

Layanan ini akan berada di beberapa tempat strategis di Kabupaten Purwakarta, seperti MPP Madukara pada hari Senin, Tokma Pasawahan pada hari Selasa, Tokma Munjuljaya pada hari Rabu, Bulog Sadang pada hari Kamis, Terminal Ciganea pada hari Jumat, dan Stasiun Kota Purwakarta pada hari Sabtu. Dengan adanya lokasi yang tersebar di beberapa tempat strategis, diharapkan para pemohon SIM dapat dengan mudah mengakses layanan ini.

Layanan SIM Keliling ini dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga selesai, sehingga para pemohon SIM dapat datang pada waktu yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini hanya berlaku untuk permohonan perpanjangan SIM A dan C sebelum masa berlaku habis. Jadi, pastikan kamu memperpanjang SIM kamu sebelum masa berlaku habis ya.

Biaya Perpanjangan SIM A dan C

Berbicara tentang biaya perpanjangan SIM, kamu perlu tahu bahwa untuk perpanjangan SIM A, biayanya sebesar Rp80.000, sedangkan untuk perpanjangan SIM C, biayanya sebesar Rp75.000. Oleh karena itu, sebelum kamu memperpanjang SIM kamu, pastikan kamu membawa uang secukupnya untuk membayar biaya perpanjangan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, biaya perpanjangan SIM ini merupakan biaya yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian dan telah diatur dalam peraturan yang berlaku. Biaya tersebut termasuk dalam biaya administrasi yang dikenakan untuk memproses permohonan perpanjangan SIM. Dalam hal ini, kamu tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan atau biaya yang tidak jelas saat memperpanjang SIM kamu di layanan SIM Keliling Polres Purwakarta.

Namun, perlu diingat bahwa biaya perpanjangan SIM dapat berbeda-beda tergantung pada masing-masing wilayah dan jenis SIM yang akan diperpanjang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu besaran biaya perpanjangan SIM yang berlaku di wilayah kamu sebelum mengunjungi layanan SIM Keliling Polres Purwakarta.

Syarat Perpanjangan SIM A atau C

Syarat perpanjangan SIM A atau C juga perlu kamu perhatikan. Kamu harus membawa fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM asli, serta bukti cek kesehatan. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua syarat yang diperlukan sebelum datang ke layanan SIM Keliling Polres Purwakarta ya.

Kenapa Penting Memperpanjang SIM tepat waktu?

Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya, karena layanan perpanjangan SIM ini berdasarkan aturan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Setiap orang yang mengemudikan kendaraan di jalan raya wajib mengantongi SIM sesuai dengan jenis kendaraannya. Jadi, pastikan kamu memperpanjang SIM kamu tepat waktu agar dapat mengemudikan kendaraan dengan aman dan nyaman.

Kalau masa berlaku SIM kamu sudah habis, jangan khawatir. Kamu masih bisa memperpanjang SIM di Kantor Polres Purwakarta. Tapi, jangan sampai terlambat ya, karena ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Nah, itulah informasi mengenai layanan SIM Keliling Polres Purwakarta. Jangan lewatkan kesempatan ini ya, agar kamu dapat memperpanjang SIM dengan mudah dan nyaman.