Syarat Perpanjang STNK Tanpa BPKB: Panduan Lengkap untuk Pemilik Kendaraan

Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia wajib melakukan perpanjangan STNK setiap tahunnya. STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah dokumen yang memberikan identitas dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Sedangkan BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor adalah dokumen yang memberikan informasi mengenai identitas pemilik kendaraan seperti nama, alamat, dan nomor identitas.

Namun, bagaimana jika BPKB tidak bisa disertakan dalam proses perpanjangan STNK? Apakah pemilik kendaraan masih bisa melakukan perpanjangan STNK tanpa BPKB? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai syarat perpanjangan STNK tanpa BPKB.

Syarat Perpanjang STNK

Sebelum membahas tentang perpanjangan STNK tanpa BPKB, pastikan Anda telah mempersiapkan berkas yang dibutuhkan dalam proses perpanjangan. Berkas yang diperlukan antara lain:

  • STNK asli beserta fotokopi
  • BPKB asli beserta fotokopi
  • KTP asli pemilik kendaraan sesuai STNK
  • Formulir permohonan perpanjangan STNK yang telah diisi (didapatkan dari kantor Samsat)
  • Surat Keterangan Buka Blokir, apabila STNK dalam status terblokir
  • Surat Kuasa, apabila perpanjangan STNK diurus orang lain dengan identitas berbeda dari STNK dan BPKB

Namun, jika Anda tidak bisa menyertakan BPKB saat ingin melakukan perpanjangan STNK, jangan khawatir. Proses perpanjangan STNK bisa saja dilakukan tanpa adanya BPKB yang merupakan syarat wajib. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda ingin melakukan perpanjangan STNK tahunan, bukan perpanjangan 5 tahunan atau ganti plat nomor.

Perpanjang STNK Tanpa BPKB

Para pemilik kendaraan bisa melakukan perpanjangan STNK tanpa BPKB dengan jalur online. Anda hanya perlu mempersiapkan berkas yang dibutuhkan seperti STNK asli, KTP asli sesuai identitas dalam lembar STNK, dan rekening sesuai dengan identitas KTP dan STNK.

Perlu diperhatikan bahwa rekening yang digunakan harus sesuai dengan identitas yang tertera dalam lembar KTP dan STNK. Pemilik kendaraan tidak bisa menggunakan rekening milik pihak lain, karena ini berkaitan dengan proses pembayaran pajak.

Cara Perpanjang STNK Online di E-Samsat

Untuk melakukan perpanjangan STNK secara online, Anda bisa mengunjungi laman resmi e-Samsat sesuai domisili pemilik kendaraan. Kemudian, lakukan pengisian data kendaraan lengkap dengan kota asal dan nomor plat. Setelah itu, tulis ulang kode Captcha yang tersedia dan pilih “Cari”.

Lakukan pengisian data untuk informasi Samsat terdekat untuk pengambilan nota pajak. Selanjutnya, pilih bank sesuai yang diinginkan dan klik “Pengajuan Kode Bayar”. Setelah mendapatkan kode bayar, segera lakukan pembayaran. Jika pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran untuk bukti saat pengambilan nota pajak di Samsat terdekat.

Perpanjang STNK dengan Mudah dan Cepat

Dalam melakukan perpanjangan STNK, pastikan Anda telah mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Jika BPKB tidak tersedia, Anda masih bisa melakukan perpanjangan STNK tahunan dengan jalur online. Namun, pastikan Anda menggunakan rekening yang sesuai dengan identitas KTP dan STNK.

Berkas yang diperlukan untuk perpanjangan STNK meliputi STNK asli beserta fotokopi, BPKB asli beserta fotokopi, KTP asli pemilik kendaraan sesuai STNK, formulir permohonan perpanjangan STNK yang telah diisi, surat keterangan buka blokir jika STNK dalam status terblokir, dan surat kuasa jika perpanjangan STNK diurus orang lain dengan identitas berbeda dari STNK dan BPKB.

Dalam melakukan perpanjangan STNK secara online, pastikan Anda mengunjungi laman resmi e-Samsat sesuai domisili pemilik kendaraan. Lakukan pengisian data kendaraan lengkap dengan kota asal dan nomor plat, tulis ulang kode Captcha yang tersedia, dan pilih “Cari”. Pilih bank sesuai yang diinginkan dan klik “Pengajuan Kode Bayar”. Setelah pembayaran selesai, simpan bukti pembayaran untuk bukti saat pengambilan nota pajak di Samsat terdekat.

Demikianlah informasi mengenai syarat perpanjang STNK tanpa BPKB. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan para pemilik kendaraan bisa melakukan perpanjangan STNK dengan mudah dan cepat.