Perpanjang SKCK? Ketahui Rincian Biaya yang Harus Kamu Keluarkan Berikut Ini

Perpanjang SKCK: Ini Syarat,  dan Biaya yang Dibutuhkan Meta-description: Ingin memperpanjang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Indonesia? Simak syarat, cara, dan biaya yang dibutuhkan dalam artikel ini!

Perpanjang SKCK: Ini Syarat, dan Biaya yang Dibutuhkan adalah topik yang relevan bagi banyak warga Indonesia yang ingin memperpanjang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) mereka. SKCK adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan biasanya digunakan untuk keperluan administrasi, seperti melamar pekerjaan, mengurus izin tinggal, atau berpergian ke luar negeri. Bagi yang sudah memiliki SKCK yang sudah habis masa berlakunya atau ingin mengganti SKCK yang sudah rusak, memperpanjang SKCK adalah langkah yang diperlukan.

Namun, banyak warga yang masih bingung mengenai syarat, dan biaya yang diperlukan untuk memperpanjang SKCK. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap yang mudah dipahami, dengan menggunakan bahasa yang lebih santai dan akrab agar lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Syarat-syarat Memperpanjang SKCK

Sebelum kita membahas cara dan biaya, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk memperpanjang SKCK. Berikut adalah syarat-syarat yang harus Anda perhatikan:

  1. SKCK yang akan diperpanjang harus sudah habis masa berlakunya atau rusak.
  2. Anda harus memiliki salinan atau fotokopi SKCK yang akan diperpanjang.
  3. Anda harus memenuhi persyaratan umum yang diberlakukan oleh Polri, seperti memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli yang masih berlaku dan masih dalam keadaan baik.
  4. Jika Anda adalah Warga Negara Asing (WNA), Anda harus memiliki izin tinggal yang masih berlaku dan salinan paspor yang masih berlaku.
  5. Anda harus membawa pas foto terbaru dengan latar belakang warna merah ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar.
  6. Anda harus membawa surat pengantar dari instansi yang membutuhkan SKCK, jika Anda memperpanjang SKCK untuk keperluan administrasi.

Namun, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperpanjang SKCK?

Biaya perpanjangan SKCK tidaklah murah. Biaya yang harus dikeluarkan sama seperti pembuatan SKCK baru, yaitu sebesar Rp30.000 untuk Warga Negara Indonesia dan Rp60.000 untuk Warga Negara Asing. Biaya tersebut belum termasuk biaya mengurus kelengkapan berkas-berkas seperti foto dan fotokopi dokumen.

Selain biaya penerbitan, terdapat juga biaya lain yang harus dikeluarkan dalam mengurus perpanjangan SKCK. Salah satunya adalah biaya fotokopi dan cetak foto. Biaya ini tentu akan berbeda-beda tergantung dari tempat dan layanan yang digunakan.

Tak hanya itu, terdapat juga biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk mengurus perpanjangan SKCK. Hal ini terutama berlaku untuk mereka yang harus berangkat ke kantor kepolisian atau tempat pengurusan lainnya. Biaya transportasi ini bisa menjadi tambahan beban biaya yang harus dikeluarkan.

Satu lagi biaya yang mungkin perlu dikeluarkan adalah biaya legalisir fotokopi SKCK. Setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam hal legalisasi dokumen. Ada daerah yang memberikan layanan legalisasi secara gratis, namun ada juga yang menetapkan biaya tertentu.

Dalam mengurus perpanjangan SKCK, selain biaya yang harus dikeluarkan, juga diperlukan ketelitian dalam memenuhi persyaratan yang diperlukan. Hal ini karena proses pengurusan SKCK membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa memakan waktu hingga tiga hari.

Namun, meski biaya perpanjangan SKCK cukup besar, namun hal ini sebanding dengan manfaat yang diberikan. Dengan memiliki SKCK yang valid, kita dapat memastikan keamanan diri dan lingkungan sekitar, serta memenuhi persyaratan untuk berbagai keperluan resmi.